Olahraga

Tiga Pemain Riau Dipanggil Seleksi Timnas U16

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Tiga pemain muda asal Riau, sukses meraih tiket untuk mengikuti seleksi Tim Nasional (Timnas) Sepakbola, tingkat Nasional di Jakarta, setelah PSSI pusat mengeluarkan surat keputusan pemanggilan pemain Timnas U16, untuk zona Sumatra, 16 April 2021, yang ditandatangani oleh Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi. 

Tiga talenta muda asal Riau tersebut, diantara M Alif Danial (Kiper/Penjaga gawang) dari Pekanbaru, Haziq Hanantaseno (Gelandang) dari Pekanbaru, dan M Alfarizi (Striker) dari Duri. Ketiga pemain ini selanjutnya akan mengikuti seleksi Nasional gelombang kedua di Jakarta, 24-26 April 2021, dilapangan D Senayan Jakarta, bersama pemain-pemain dari daerah lainnya se Indonesia. 

Ketiga pemain asal Riau ini sebelumnya telah berhasil masuk dalam seleksi Timnas U16 zona Riau, dan masuk dalam skuad PSSI Riau, yang dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Selanjutjya, skuad Riau yang diisi 18 pemain ini, menjalani seleksi Timnas Zona Sumatra dengan mempertemukan tiga Provinsi, Riau, Sumatra Barat, dan Jambi, pada tanggal 9-10 April, di Pekanbaru, dengan didatangkannya pelatih Timnas U16, Bima Sakti. 

Pelatih SSB Junior PTPN V, Pekanbaru, Hasan Basri, bersukur atas berhasilnya salah satu anak didiknya masuk dalam seleksi Timnas U16. Keberhasilan M Alif, masuk dalam seleksi Timnas U16, tidak terlepas dari keuletan dan disiplin dari diri Alif, saat menjalani latihan bersama pelatih penjaga gawang PTPN V. 

“Alhamdulillah, tentu ini menjadi kebanggaan kita semua terutama bagi SSB PTPN V, dan masyarakat Pekanbaru, penjaga gawang terbaik kita berhasil membawa nama harum Riau dikancah Nasional. Alif, berhasil masuk tiga terbaik dari Riau setelah menjalani seleksi zona Sumatra. Semuanya tidak terlepas dari kerja keras latihan Alif bersama jajaran pelatih,” ujar Hasan Basri.

“Kami sebagai pelatih bangga anak didik kami bisa merasakan seleksi Timnas, lelah selama ini dilapangan terbayarkan. Dan kami para pelatih lebih semangat lagi untuk melatih, dan mudah-mudahan bisa melahir Alif, Alif lainnya, baik dari SSB PTPN V maupun dari SSB yang ada di Riau ini,” kata Hasan.

Dikatakan mantan pemain PSMS Medan ini, selain latihan rutin yang dijalani oleh Alif, bergulirnya kompetisi dan liga yang terus bergulir di Pekanbaru ini, menambah jam terbang bagi Alif dalam menjalani setiap pertandingan. Tanpa ada kompetisi berjenjang dijalani oleh SSB yang ada di Pekanbaru ini, mutahil akan melahirkan pemain yang baik. Selain kompetisi yang diadakan oleh Askot, Liga Riau Junior Leage (RJL), yang telah berjalan tiga tahun ini, membawa Alif menjadi penjaga gawang terbaik.

“Alif, hampir setiap tahun mengikuti liga dari mulai usia 12 tahun, dulu nya ASSB, dan sampai sekarang masih berjalan Riau Junior Leage di Pekanbaru, dari liga ini Alif pernah menjadi kiper terbaik RJL di U13, tentu dengan semakin banyaknya kompetisi yang diadakan di Pekanbaru dan daerah lainnya, akan menambah jam terbang bagi pemain, dan terus menambah pengalaman bertanding,” kata Hasan.(mc)