Peristiwa

Jembatan Parit 16 Pulau Kecil Ambruk, Warga Tempuh Arus Sungai

INHIL, RIAULINK.COM - Sebuah jembatan di parit 16 Desa Pulau Kecil Kecamatan Reteh kondisinya rusak / roboh, sehingga ketika air pasang naik sangat menyusahkan para pengguna untuk melintas.

Saat di mintai keterangan, Camat Reteh Arbani menyebut bahwa kondisi jembatan tersebut sudah dikordinasikan dengan Dinas PUPR.

"Insya Allah, dalam waktu dekat dinas terkait akan melakukan survei," sebutnya.

Tambahnya, Arbani menyebut bahwa pemerintah kecamatan Reteh terus berupaya agar jembatan tersebut bisa dilalui meskipun air dalam kondisi pasang.

"Jadi upaya saat ini adalah menyusun batang kelapa agar jembatan bisa dilalui ketika air pasang tiba. Sebenarnya kerja tersebut berat karena membutuhkan tenaga dan biaya yang cukup besar, namun itu harus dilakukan agar jembatan bisa dilalui," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Inhil Umar, ST, MT mengatakan tahun 2021 ini seluruh jembatan yang ada di kabupaten Inhil akan dilakukan perbaikan secara bertahap.

"Di tahun 2021 ini kami fokus untuk melakukan perbaikan jembatan yang sudah rusak. Khususnya yan ada di Kecamatan Reteh, Desa Pulau Kecil yang mana jembatan tersebut sudah roboh serta sangat mengganggu aktifitas masyarakat di wilayah tersebut," sebutnya.

Lanjutnya, Umar menjelaskan bahwa jembatan yang ada di kecamatan Reteh hampir 80% semuanya sudah layak untuk dilakukan perbaikan karena bangunnya sudah cukup lama.

"Jadi bangunan jembatan di kecamatan Reteh ini yang saya lihat di lapangan itu hampir semuanya sudah mulai keropos. Maka dari itu, perlu ada perbaikan namun tidak bisa sekaligus, kita harus lakukan secara bertahap," jelasnya.

Lebih lanjut, Umar mengajak seluruh seluruh elemen masyarakat baik itu perintah kecamatan, desa, lurah, Rt Rw agar sama-sama menjaga dan tidak melakukan bongkar muat diatas jembatan.

"Intinya kita saling menjaga agar jembatan kita bisa tahan lama dan juga harus kompak untuk tidak melakukan bongkar barang diatas jembatan karena akan membuat jembatan kita bisa cepat rusak dan lainnya," ungkapnya.

Sebagai informasi, Dalam waktu dekat ini Dinas PUTR kabupaten Inhil akan turun ke daerah-daerah dalam rangka memantau infrastruktur baik itu jembatan dan jalan yang nantinya akan menjadikan bahan evaluasi serta langkah yang akan diambil.(Jb)