Metropolis

Peringti HUT Tagana ke-17, Dinas Sosial Inhil Gelar Syukuran

INHIL, RIAULINK.COM - Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar syukuran dalam rangka memperingati HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-17 di halaman kantor, Jalan Bunga, Tembilahan, Sabtu (10/4/2021).

Kegiatan yang mengusung tema 'Sinergi bersama Multi Pihak Sukseskan Tagana Menjaga Alam' itu tampak dihadiri oleh Sekda Kabupaten Inhil Afrizal, Unsur Forkopimda Inhil, dan undangan lainnya.

Sekda dalam sambutannya mengatakan, adanya kampung siaga bencana tersebut meyakini bahwa dapat mengorganisir potensi dan mengelola SDM masyarakat dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Inhil.

"Untuk itu, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi tantangan dan resiko," kata Afrizal.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Inhil, HM Arifin memaparkan, HUT Tagana diselenggakan dengan tujuan memperkuat sinergi Tagana sebagai relawan penanggulangan bencana dengan Instansi di Pemkab Inhil.

"Kiprah Tagana diharapkan menjadi pelindung masyarakat dalam penanggulangan bencana. Bersinergi dengan organisasi-organisasi kebencanaan lainnya. Tagana menjadi relawan yang siap, sigap dan tanggap dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana," terang Arifin.

Tidak hanya menggelar syukuran, Dinas Sosial juga menggelar kegiatan lainnya seperti penghijauan (penanaman pohon) di lingkungan Taman Makan Pahlawan Yudha Bhakti Tembilahan dan Tagana melawan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker kepada masyarakat. (*)