Peristiwa

Masuk Kebun Sawit Warga, Polisi dan BKSDA Giring Gajah Liar ke Hutan Tesso Nilo

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gajah liar dilaporkan masuki kebun sawit milik warga di Dusun Tambun, Kelurahan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Lesung, Pelalawan. 

Sejumlah aparat kepolisian bersama Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat pun turun ke lokasi yang dilaporkan untuk melakukan penelusuran dan menggiring gajah tersebut ke habitatnya.

Kegiatan penelusuran, dipimpin langsung oleh Kapolsek Pangkalan Lesung Iptu Liston Sihombing, Rabu (7/4/2021). Setelah mendapat informasi dari masyarakat yang melihat adanya gajah yang memasuki perkebunan mereka.

"Dari hasil penelusuran tim saat ini, bahwa benar adanya gajah yang memasuki perkebunan masyarakat, namun sampai saat ini belum menyebabkan kerugian terhadap warga. Dari informasi yang diperoleh, ini merupakan gajah liar. Jumlahnya ada 2 ekor," ucapnya.

Berdasarkan penelusuran, posisi terakhir gajah tersebut sudah berada di wilayah Pangkalan Gondai, Kecamatan Pangkalan Kuras. 

"Saat ini sudah dilakukan penanganan oleh tim BKSDA Kabupaten Pelalawan, untuk dilakukan penggiringan ke habitatnya yaitu kawasan hutan Tesso Nilo Kabupaten Pelalawan," pungkasnya.