Metropolis

Pengoperasian RoRo Dumai-Malaka, Pelabuhan BSJ Perlu Sentuhan Pusat

Keterangan foto : kunjungan kerja Kepala Pusat Fasilitas Kemitraan dan Kelembagaan Internasional Kemenhub RI Derry Aman ke Pelabuhan BSJ Dumai terkait perkembangan di lapangan mengenai pengoperasian RoRo Dumai-Malaka

DUMAI, RIAULINK.COM - Wakil Wali Kota Dumai Amris mengungkapkan tindak lanjut dari pengoperasian penyeberangan kapal RoRo Dumai - Malaka masih dilakukan sejumlah hal untuk memenuhi standar internasional.

Sehingga pengoperasiannya harus diperlukan hal yang matang terutama di lokasi Pelabuhan Bandar Sri Junjungan (BSJ) Kota Dumai, belum lama ini.

Hal ini disampaikannya kepada riaulink.com, Rabu (7/4/2021). Dalam penuturannya usai dirinya mendampingi Kepala Pusat Fasilitas Kemitraan dan Kelembagaan Internasional Kementerian Perhubungan RI MI Derry Aman saat melakukan kunjungan kerjanya ke Dumai.

Menurut dia dari hasil peninjauan tersebut, kondisi Pelabuhan BSJ ternyata masih banyak yang perlu dipersiapkan.

"Terutama dari segi fasilitas, banyak yang harus dibangun dan dibenahi, karena nantinya akan melayani jasa penyeberangan jalur internasional,"papar Amris.

Tak ditampiknya jika permasalahan fasilitas tersebut memang harus membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika hanya mengandalkan APBD mungkin tidak akan mampu, untuk itu dirinya berharap adanya sentuhan dari APBN.

Dengan kondisi demikian, pihaknya juga sudah melaporkan ke Wali Kota Dumai, Paisal, bahkan ada wacana jika Pemko Dumai akan menyerahkan aset berupa Pelabuhan BSJ Kota Dumai agar diserahkan ke Pemerintah Pusat. "Agar semua fasilitas yang dibutuhkan menjadi pelabuhan penyeberangan berstandar internasional bisa dibangun oleh pusat.
Sebab jika hanya mengandalkan dana APBD Dumai sudah pasti butuh waktu yang lama hingga terealisasinya pelabuhan roro tersebut,"papar dia menerangkan.

Disampaikan dia, nantinya Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Asnar akan melakukan inventarisir aset-aset yang rencananya akan diserahkan ke pusat

"Agar pengoprasian RoRo Dumai-Malaka bisa segera jalan dan dibangun, sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat,” terangnya.

“Nantinya akan didiskusikan lagi bersama pak walikota apa langkah selanjutnya, terkait pengoprasian RoRo Dumai-Malaka,”tambahnya.

Mendengar hal itu, Derry Aman selaku Kepala Pusat Fasilitas Kemitraan dan Kelembagaan Internasionaln Kemenhub RI bahwa kunjungannya demi melihat kondisi dan upaya dalam memenuhi komitmen Indonesia terhadap kerjasama bersama Malaysia melalui RoRo Dumai-Malaka.

Bagi dia pengoperasian tersebut sudah komitmen bersama bahkan sudah selesai. 

"Khusus untuk kelengkapan yang harus dipenuhi adalah transportasi kargo (muatan barang yang diangkut) yang selanjutnya akan terus dilakukan pengembangan,"kata Aman.

“Kami berkomitmen untuk membantu pengoperasian RoRo Dumai-Malaka, karena ini juga demi kepentingan masyarakat Indonesia, khususnya Dumai,”tutup dia. (Kll)