Metropolis

Kembangkan Potensi Perkebunan Wilayah Pesisir, Ini Yang Dilakukan H Asmar

MERANTI, RIAULINK.COM - Untuk mengembangkan Potensi perkebunan diwilayah Pesisir, Wakil Bupati Meranti AKBP (Purn) Asmar mendatangi  Pemerintahan Kabupaten Indra Giri Hilir (Inhil).

Selain mempererat tali silaturahmi, Kehadiran orang nomor dua di Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga memiliki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Inhil dalam pengembangan potensi perkebunan didaerah pesisir, bertempat di Kantor Bupati Indra Giri Hilir, Jalan Akasia, Tembilahan, Rabu (7/4/2021).

Dalam kunjungannya, Wakil Bupati Meranti H. Asmar, disambut langsung oleh Wakil Bupati Inhil, H. Syamsuddin Uti dan jajajaran diantaranya Asisten II Sekdakab. Inhil Drs. Mukhtar T, Kepala Bappeda T. Juhardi, Kadis Tanaman Pangan, Pertanian dan Hortikultura Inhil H. Fajar Husin, Kadis PMD Budi Pamungkas dan lainnya.

Dalam pertemuan yang dikemas dengan acara silahturahmi itu, Wakil Bupati Meranti H. Asmar, mengucapkan terima kasih yang tinggi atas sambutan hangat Pemkab. Inhil dalam hal ini Wakil Bupati Inhil Syamsuddin Uti dan jajaran. Selanjutnya melakukan pemaparan profil Kabupaten Meranti dengan segala potensi yang ada.

Dijelaskan Wabup H. Asmar, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Inhil secara geografis memiliki kesamaan yakni sama-sama berada diwilayah Pesisir. Begitu juga jika dilihat dari potensi daerah terutama disektor Perkebunan, dimana Kabupaten Kep. Meranti dan Inhil sebagai daerah penghasil Kelapa dan Sagu di Riau.

Dikatakan Asmar, Kabupaten Meranti merupakan salah satu daerah penghasil Sagu terbesar di Indonesia dengan hasil produksi tepung sagu mencapai 241.277 Ton/Tahun. Didaerah ini sebanyak 20 persen masyarakat menggantungkan hidupnya pada perkebunan Sagu dengan luasan lahan 39.664 Ha dan terdapat 95 Unit Kilang/Pabrik.

Begitu juga dengan Kelapa, dimana produksi Kelapa Kepulauan Meranti mencapai 28.781.030 ton pertahun. Dengan luas lahan 31.914 hektar.

Hal inilah yang mendasari Pemkab. Meranti untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab. Inhil dalam rangka pengembangan potensi SDA Kabupaten wilayah pesisir Provinsi Riau.

"Jadi kunjungan kami ini dalam rangka menjali kerjasama dengan Pemkab. Inhil dalam rangka pengembangan potensi SDA wilayah pesisir Provinsi Riau. Dimana sebagai Kabupaten yang berada diwilayah pesisir memiliki kesamaan SDA khususnya dibidang perkebunan," ujar Wabup. Asmar.

Setelah mendengarkan penjelasan Wabup Meranti, Wakil Bupati Inhil Syamsuddin Uti, menyambut baik kerjasama tersebut, iapun berharap dengan adanya kerjasama itu akan semakin meningkatkan silahturahim dan hubungan yang baik antar kedua Kabupaten yang memiliki kesamaan geografis tersebut. (Aldo).