Ekonomi

Hadiri Tanam Jagung di 'Lahan Tidur', Gubri: Manfaatkan Juga Teknologi

DUMAI, RIAULINK.COM - Jalan berlumpur dan licin dikarenakan hujan semalam tak menyurutkan tekat Gubernur Riau, Syamsuar, menghadiri tanam jagung hibrida perdana dengan memanfaatkan lahan tidur.

Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Riau, Wakil Walikota Dumai, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Biro Administrasi Setda Provinsi Riau acara dihelat di Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau pada Rabu (7/04/21) ini merupakan hasil dari pemanfaatan lahan tidur perusahaan.

“Lahan tidur ini kami pinjam dari perusahaan, Alhamdulillah terimakasih pak Gubernur beserta rombongan yang sudah jauh-jauh hadir untuk memberi dukungan dan semangat kepada kami," ucap Jumilin, Ketua Kelompok Tani Lestari.

Sebagai dukungan dari Gubernur Riau, Pemerintah Provinsi Riau dan Kementerian Tenaga Kerja juga memberi pelatihan khusus pertanian melalui BLK, agar petani lebih terampil dan bisa berdaya saing.

“Saya berharap ke depannya petani turut memanfaatkan teknologi, agar pengelolaan pertanian menjadi lebih efektif dengan teknologi informasi," katanya.

Tidak hanya itu, Gubernur juga menyampaikan edukasi agar petani melakukan diversifikasi tanaman. “Saya selalu mendorong akan ketahanan pangan, pangan tidak hanya nasi, bisa jagung, sagu, dll. Agar nantinya kita tidak tergantung pada satu jenis pangan saja," sambungnya.

Wakil Walikota turut menyampaikan bahwa Kegiatan tanam jagung hibrida ini juga berhasil membuka lapangan kerja.

“Alhamdulillau di tengah pandemi covid 19 ini, kelompok tani lestariturut membuka lapangan kerja sebanyak 40 orang, semoga ini menjadi percontohan bagi kelompok tani lainnya,” sebut Amiris Wakil Walikota

Kegiatan tanam jagung hibrida ditutup dengan tanam jagung serentak dan penyerahan Alat Penguntil jagung oleh Gubernur Riau. “Semoga kegiatan dan peralatan ini bermanfaat bagi kesehateraan masyarakat semua,” tutup Gubernur Riau, sebelum melanjutkan tugas lain ke Kabupaten Bengkalis.