Politik

Pemprov Riau Pantau PSU di Inhu dan Rohul

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemprov Riau melalui Biro Tata Pemerintahan (Tapem) terus melakukan pemantauan terkait persiapan pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Indragiri Hulu (Inhu) dan Rokan Hulu (Rohul).

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Biro Tapem Setdaprov Riau H Sudarman terkait kesiapan PSU di dua kabupaten itu. Menurutnya, pemantauan mulai dilakukan sejak persiapan, pelaksanaan hingga hasil PSU.

"Kita di Pemprov Riau terus berkoordinasi dengan kedua daerah itu, terkait persiapan PSU. Kemudian, kita juga berkoordinasi dengan KPU Riau," beber Sudarman, Selasa (6/3/21) di Kantor Gubernur Riau.

Sudarman memaparkan, pihaknya berharap seluruh persiapan menjelang pelaksanaan PSU telah berjalan dengan baik. Sehingga, tahapan proses PSU dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan KPU Riau.

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Inhu H Chairul Riski mengaku sejauh ini pihaknya telah memantau kesiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gangsal. Karena, TPS ini merupakan satu-satunya lokasi PSU berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), pada tanggal 20 April 2021 mendatang.

"Kemarin kita sudah pantau langsung di TPS itu, untuk memastikan kondusifitas di lapangan. Karena nantinya, TPS ini akan menjadi pusat perhatian masyarakat,"sebut Riski.

Selain itu, Riski juga meminta kepada seluruh stake holder terkait untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 pada saat PSU berlangsung. Dia tidak ingin, momen pelaksanaan PSU menjadi klaster baru Covid-19 di TPS tersebut.

Untuk diketahui, selain di Inhu, MK juga telah memutuskan PSU di Kabupaten Rohul. Sedikitnya, ada 25 TPS yang melaksanakan PSU di Rohul pada tanggal 21 April 2021 mendatang.