Serambi islam

MTQ Ke-12 Kabupaten Meranti Ditutup, Wabup : Gaungkan Al-Quran Hingga Kepelosok

MERANTI, RIAULINK.COM - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-12 Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 2021 telah selesai dilaksanakan. Hal ini langsung ditutup oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, dihalaman Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Senin (5/4/2021).

Terlihat yang hadir, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Kamsol, Asisten I Sekda yang juga Ketua Panitia MTQ Syamsuddin SH MH dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kepala Kantor Kemenag Meranti Agustiar SAg,  Ketua MUI Meranti H. Mustafa SAg, Danramil Tebing Tinggi Mayor TNI Bismi Tambunan, Danposal Lettda Jeri Hendra, Perwakilan Kajari Meranti, Perwakilan Polres Meranti, Ketua MKA LAM Meranti Dt. Ridwan Hasan, Tokoh Agama/Masyarakat dan lainnya.

Setelah para Qori dan Qoriah utusan 9 Kecamatan Se-Kabupaten Meranti berloma selama 5 hari dalam memperebutkan gelar juara pada MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 2021, akhirnya Dewan Hakim memutuskan Kecamatan Tebing Tinggi berhasil mempertahankan gelar dan keluar sebagai Juara Umum dengan Jumlah Nilai 53, diikuti Juara II Kecamatan Rangsang Barat Jumlah Nilai 48, dan Juara III Kecamatan Rangsang Pesisir Jumlah Nilai 48.

Sementara untuk Qori terbaik pada MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten Meranti 2021, jatuh kepada Syahrizan peserta Cabang Tilawah golongan dewasa dengan jumlah nilai 94.1 utusan Kecamatan Rangsang Barat.

Dalam sambutan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Asmar, mengharapkan kepada para Qori dan Qoriah utusan Kecamatan yang berhasil menoreh perestasi gemilang dan bagi yang belum berhasil diharapkan dapat terus berlatih dengan maksimal sehingga di ivent-ivent berikutnya dapat menjadi juara.

"Para Qori dan Qoriah terbaik dalam ajang MTQ Kabupaten kali ini akan mewakili Meranti di ajang MTQ Tinggkat Provinsi, dan hal ini perlu ditahan kan dan ditingkatkan kembali," kata H Asmar.

Jika tahun lalu prestasi Meranti di ajang MTQ Tingkat Provinsi Riau agak menurun, H Asmar berharap kedepannya Meranti dapat menjadi yang terbaik. Menyikapi hal tersebut, H Asmar meminta kepada LPTQ bisa membimbing dan membina secara khusus Qori dan Qoriah Meranti sehingga meraih prestasi sesuai yang diharapkan.

Diakuinya, untuk MTQ ini memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan ukuah Islamiah sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal seni membaca, menulis, mengamalkan, dan menghafal Al-Quran. Iapun berharap kepada masyarakat melalui momentum ini dapat mengaplikasikan dan mengamalkan kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Terakhir kepada seluruh  masyarakat Wabup Meranti meminta untuk terus menggaungkan Al-Quran hingga kepelosok negeri yang diiringi dengan pengamalan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari hari, sehingga Meranti dapat terhindar dari bala becana dan menjadi negeri yang Baldatun, Toybatun, Warabun Ghofur. 

"Mari pelajari, pahami dan aplikasikan Al-Quran dengan sebaik-baiknya agar kita semua diberi keselamat oleh Allah SWT," ujarnya lagi. (Aldo)