Riau

Menjelang Ramadan, 1.300 Penceramah di Pekanbaru akan Divaksin

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan vaksinasi kepada penceramah menjelang memasuki bulan Ramadan. Vaksinasi ini khusus untuk penceramah yang mengisi kegiatan safari Ramadan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, Diskes merencanakan penyelenggaraan vaksin bakal berlangsung pekan ini.

"Ini masuk prioritas vaksin sebagimana yang disampaikan bapak Walikota. Karena tokoh agama khususnya penceramah akan melakukan mobilisasi yang cukup tinggi dalam ramadan," kata Zaini, Senin (5/4/2021).

Penceramah ini rentan terhadap penyebaran covid-19 karena mobilisasi yang dilakukan cukup tinggi. Penceramah juga bertemu dengan orang banyak. Maka penceramah ini diprioritaskan dalam vaksinasi tahap II.

Zaini menyebut, pihaknya sudah berkomunikasi dengan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Idarah Kemakmuran Masjid Indonesia (IKMI) Riau Ismardi Ilyas terkait rencana vaksinasi ini.

Vaksinasi anggota LPM dan para penceramah ini direncanakan akan dilakukan pada tanggal 7 dan 9 April ini. "Kita berharap proses vaksinasi ini bisa rampung sebelum bulan puasa," jelasnya.

Mengenai penerapan protokol kesehatan menyambut bulan suci Ramadan, sudah dibahas dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). "Mudah-mudahan, ada kesimpulan terkait penerapan prokes di bulan suci ramadan dalam rapat Forkopimda," jelasnya.

Data yang dihimpun, IKMI Riau mengajukan sekitar 1.300 penceramah untuk disuntik vaksin ke Pemko Pekanbaru. Para penceramah ini akan memberikan ceramah selama bulan Ramadan, di 1.370 masjid.