Peristiwa

22 Ekor Buaya Muara dalam Paket Ditahan Pihak Bandara Pekanbaru

PEKANBARU, RIAULINK.COM - AVSEC Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) ll Pekanbaru menemukan kiriman paket yang mencurigakan. Setelah pihak AVSEC bersama Balai Besar KSDA Riau melakukan periksaan melalui mesin XRay, didapati bahwa paket tersebut berisi satwa jenis Buaya. 

Selanjutnya petugas membuka paket dan melakukan pemeriksaan, dan di jumpai 22 ekor buaya muara  (Crocodilus porosus) yang dikemas dalam 8 kantong pelastik.

"Dari 22 ekor buaya muara (Crocodilus porosus), terdapat 7 ekor dalam kondisi mati dan yang masih hidup sebanyak 15 ekor," kata Kepala BKSDA Riau, Suharyono, Kamis (1/4/2021).

Dalam setiap kantong plastik terdapat lubang udara dan sabut kelapa dalam kondisi lembab.

"Paket di kirim melalui jasa pengiriman TIKI, dengan pengirim atas nama Rendi, beralamat di Kabupaten Bengkalis, dengan tujuan ke Jakarta Timur," jelasnya.

Kemudian pihak AVSEC bersama Polhut Balai Besar KSDA Riau bersama sama membawa barang bukti tersebut ke pos jaga Bandara, Balai Besar KSDA Riau dan dilakukan serah terima.

"Selanjutnya barang bukti Buaya dibawa ke Klinik Transit Satwa Balai 
Besar KSDA Riau untuk dilakukan perawatan sementara dan pengecekan kondisi kesehatan satwa. Sedangkan satwa Buaya muara yang mati sebanyak 7 ekor di simpan di Frezer Klinik Transit Satwa," ungkapnya.

Balai Besar KSDA Riau melakukan koordinasi dengan pihak Direktorat Krimsus Polda Riau dan Balai KSDA DKI Jakarta. (WAN)