Metropolis

Gubri Mengenang Jasa Almarhum Syarwan Hamid dalam Pembangunan Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan masyarakat Riau merasa sangat kehilangan dengan berpulangnya Letjen TNI Purn Syarwan Hamid karena selama hidupnya banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan Riau, juga Indonesia.

"Riau kehilangan tokoh masyarakat yang berdedikasi tinggi sebagai mantan Wakil Ketua MPR RI dan Mendagri di masa awal awal reformasi, dan memperjuangkan pemekaran beberapa kabupaten di Riau. Beliau menjadi panutan bagi masyarakat Riau," kata Syamsuar.

Syarwan Hamid yang lahir di Dusun Pusaka Kabupaten Siak, Riau, dinilai besar jasanya untuk Indonesia, khususnya Riau. Menurut Syamsuar, mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di era Presiden BJ Habibie itu memiliki jasa bagi Provinsi Riau, terutama saat pemekaran Riau dan Kepulauan Riau. "Beliau memiliki jasa dalam pemekaran daerah di Indonesia. Termasuk di Riau dan Kepuluan Riau, semoga almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT," katanya.

Syamsuar mendoakan keluarga almarhum yang ditinggalkan, diberikan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. "Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan iman dan kesabaran dalam menerima cobaan ini," katanya.

Letjen TNI Purn Syawan Hamid lahir di Dusun Pusaka, Siak, pada 10 November 1943. Syarwan tutup usia pada Kamis (25/3) sekitar pukul 03.30 WIB, pada usia 77 tahun.

Almarhum selain dikenal sebagai sosok militer juga dikenal sebagai tokoh politik. Ia menjabat sebagai Mendagri dan Wakil Ketua MPR RI. Sebelumnya Syarwan juga pernah menjabat sebagai Kassospol ABRI.(ant)