Riau

Heboh,, Musda KNPI Riau Versi Tiga Ketum akan Digelar di Pelalawan

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemuda di Provinsi Riau kembali riuh. Musyawarah Daerah (Musda) XXXIV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Riau sebagai lanjutan dari bersatunya tiga kepengurusan KNPI di tingkat pusat akan digelar pada Bulan April mendatang.

Musda DPD KNPI Riau Versi Tiga Ketua Umum tersebut dijadwalkan dilaksanakan di Kabupaten Pelalawan, tanggal 1 - 2 April 2021, dengan agenda utama pemilihan Ketua DPD KNPI Riau.

Sebagaimana diketahui, tiga kubu Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2018-2021 bersepakat mengakhiri konflik yang terjadi.

Hal itu diketahui dari surat perjanjian kesepakatan bersama yang ditandatangani di atas materai oleh masing-masing Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP KNPI periode 2018-2021 tertanggal 8 Maret 2021.

Tiga kubu itu adalah (Mustahuddin - Jackson Aw Kumaat), (Noer Fajrieansyah - Addin Jauharudin), dan (Abdul Azis - Yamitema Tirtajaya Laoly).

Dalam surat itu mereka bersepakat akan melaksanakan Rapimpurnas dan Kongres Pemuda KNPI XVI tahun 2021 dengan tujuan mengakhiri konflik KNPI.

Sebelumnya, kubu Mustahuddin - Jackson melengserkan ketua umum mereka Haris Pertama, dan mengangkat Plt Mustahuddin.

Haris Pertama kemudian tidak mengakui pihak yang melengserkannya tersebut, dan masih terus eksis dengan DPP KNPI yang dipimpinnya. Dimana salah satunya adalah menghasilkan Musda KNPI Riau, dimana Fuad Santoso yang terpilih menjadi ketua.

Ketua Organizing Committee (OC) Musda KNPI Riau versi tiga ketua umum, Pahrijal mengatakan, dari hasil rapat bersama, panitia menyepakati beberapa poin, salah satunya, pelaksanaan Musda yang akan berlangsung tanggal 1-2 April 2021 mendatang di Kabupaten Pelalawan.

"Untuk pelaksanaan di Pelalawan semua sudah setuju, dan DPD KNPI Pelalawan pun sudah bersedia untuk menyukseskan agenda Musda, kita sudah koordinasi dengan DPD KNPI Pelalawan, dan mereka sudah siap dengan menyelenggarakan Musda," kata Pahrijal, Rabu (24/3/2021).

Pria yang akrab disapa Ijal ini mengatakan, ada beberapa agenda penting lainnya sebelum pembukaan Musda, yaitu kegiatan deklarasi satu musda, yang akan dideklarasikan oleh tiga versi KNPI yang ada dipusat.

Lebih lanjut, kata Ijal, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tepung tawar di LAM Riau, sebagai bentuk restu bahwa Musda kali ini harus bisa mempersatukan pemuda Riau yang sempet terpecah belah karena terpecahnya KNPI pusat.

“Panitia akan bekerja lebih ekstra lagi untuk persiapan lebih matang, kita berharap Musda ke 14 juga akan menghasilkan Musda yang berkualitas dan didukung oleh semua pihak yang terkait dan kita mendapatkan pimpinan DPD KNPI Provinsi Riau yang berkualitas dan legitimed,” tukasnya.