Serambi islam

Muhasabah Cinta Penghujung 2018 di Mesjid Raya Al-Huda Tembilahan

Suasana Muhasabah Cinta Penghujung Tahun 2018

RIAULINK.com - Masyarakat Inhil berbondong-bondong penuhi Mesjid Al Huda Tembilahan, Senin (31/12/2018) malam. Hal tersebut dikarenakan majelis ilmu Muhasabah Cinta Penghujung Tahun yang ditaja Pemkab Inhil bersama Pejuang Subuh Tembilahan .

Kegiatan keagamaan ini diisi dengan ceramah singkat oleh Ustad H Ruhiyat SAg MPdI dan Ustad HM Effendi Lc. 

"Nggak Keren Kalau Nggak Berubah" ialah tema yang disampaikan oleh Ustad Ruhiyat. "Orang yang tidak mau berubah, Allah tidak akan rubah kehidupannya," sebut Ustad Ruhiyat mengawali ceramahnya. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan Firman Allah dalam Al Quran yang artinya Jangan sekali-kali meninggalkan dunia ini kecuali dalam Agama Islam. 

Ustad Ruhiyat bersyukur atas perubahan Kabupaten Inhil, khususnya Kota Tembilahan. "Biasanya menjelang tahun baru pasti sudah bunyi terompet di mana-mana, tapi hari ini Alhamdulillah tidak terdengar. Walaupun masih ada terdengar sedikit, tapi tidak apa-apa. Ini sudah jauh lebih baik daripada tahun sebelumnya," tuturnya. 

Sementara itu kajian Ustad Effendi mengambil tema "Apa Tujuan Hidupmu?" Selaku orang yang beriman kepada Allah tentu tidak mau melakukan hal yang sama dengan orang yang tidak beriman kepada Allah.

"Tujuan Allah hidupkan kita di dunia terdapat dalam Firman Allah dalam Al Quran yang artinya ialah tidak Ku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada Ku," paparnya. 

Ustad lulusan Kairo, Mesir ini menerangkan bahwa malam tahun baru kali ini bukan untuk berpesta pora, melainkan bertaubat kepada Allah. 

"Amalan yang kita lakukan di dunia yang pertama harapkan ridho Allah. Jika Allah ridho segala hajat kita niscaya akan Allah kabulkan. Maka dari itu, berharaplah untuk mendapatkan ridho Allah," punkasnya.