Politik

Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Akan Jadi Sejarah

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengatakan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 akan menjadi sejarah pertama kali setelah Indonesia merdeka.

"Kita akan sukseskan ini bersama masyarakat supaya Pemilu dan Pilkada serentak 2024 menjadi sejarah pertama kali, dari sejarah Pemilu tahun 1955 Indonesia merdeka," katanya saat memimpin rapat koordinasi persiapan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 secara virtual, Senin (22/3/2021).

"Pemilu Pertama di tahun 1955 setelah indonesia merdeka, itu baru pertama kalinya kita lakukan ditahun 2024," tambahnya.

Untuk itu semua pihak tentunya perlu persiapan dan pengelolaan pemilu dan pilkada yang baik dan penuh kehati-hatian dalam menyiapkan segala hal terkalit pelaksanaanya, baik dari segi anggaran, masyarakat maupun instansi lain. Karena jika tidak akan terjadi banyak masalah.

"Tentunya Pemilu dan Pilkada serentak ini harus kita kelola supaya rencana besar yang sudah kita rancang tidak hancur seketika ketika tidak kita persiapkan secara matang dalam pelaksanaannya," terangnya.

Untuk kelancaran Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang harus melihat kebelakang dari praktek yang telah dilakukan negara lain yang mana pemilu tidak dikelola secara baik sehingga terjadi bermacam macam permasalahan.

"Untuk itu mari kita persiapkan ini dari sekarang, supaya tidak terjadi masalah dalam melakasanakan Pemilu dan Pilkada serentak mendatang," pungkasnya. (MC)