Olahraga

Tim Indonesia Didepak dari All England, DPR Desak Pemerintah Ambil Langkah Diplomatik

RIAULINK.COM - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyayangkan keputusan badan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mendepak tim bulu tangkis Indonesia dari kejuaraan All England 2021.

Ia menilai BWF dan panitia belum siap menggelar kompetisi di saat pandemi dan meminta pemerintah Indonesia mengambil langkah diplomatik.

"Pertama, kami tentu menghormati kebijakan dari pemerintah Inggris dalam penanganan Covid-19 di negara tersebut. Namun, kami tentu juga sangat menyayangkan terhadap badan federasi bulu tangkis dunia (BWF) dan panitia penyelenggara yang seolah tidak cermat dan tidak siap dalam melaksanakan All England 2021 di tengah pandemi Covid-19," kata Dasco pada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Ia menilai seharusnya panitia memiliki solusi dan alternatif dalam segala aspek mengingat saat ini masih kondisi pandemi.

"Seharusnya pihak penyelenggara sudah mempunyai solusi alternatif atas berbagai kemungkinan yang terjadi dalam penyelenggaraan event tersebut. Termasuk apa yang terjadi terhadap timnas Indonesia yang jauh-jauh hari sudah melakukan vaksin Covid-19, dan test swab yang menunjukkan hasil negatif," tegasnya.

Politikus Gerindra itu meminta pemerintah segela mengambil langkah diplomatik untuk membantu tim Indonesia.

"Kami meminta kepada pemerintah Indonesia baik itu Kemenpora dan Kemlu untuk melakukan langkah-langkah atau komunikasi diplomatik dengan pemerintah Inggris dan pihak penyelenggara, agar polemik yang terjadi tidak berlarut-larut serta tidak berdampak negatif terhadap citra bulu tangkis internasional," tandasnya.***