Budaya

Mutasi Virus Corona B.117 Kembali Ditemukan di 4 Provinsi Berikut Ini

RIAULINK.COM - Kementerian Riset dan Teknologi /Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek), mengungkapkan pihaknya baru saja menemukan mutasi virus corona B.117 di empat Provinsi yakni DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Dari empat provinsi itu dijelaskan, terdapat sebanyak enam kasus yakni sebanyak tiga kasus ditemukan di DKI Jakarta. Sementara dari Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara masing-masing satu kasus.

"Sampai saat ini Litbangkes sudah melaporkan enam kasus B.1.1.7, bertambah empat orang," kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Kemenristek, Amin Soebandrio dalam keterangan persnya yang diterima CAKAPLAH.COM, Selasa (9/3/2021).

Amin mengaku belum mengetahui apakah sampel ini didapatkan dari pelaku perjalanan dari luar negeri yang dikarantina atau sudah di komunitas.

"Info rincinya di Litbangkes," katanya.

Sebelumnya Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), dr Dante Saksono pada Selasa (2/3/2021) menyatakan dua kasus mutasi varian baru virus Corona asal Inggris B.117 telah ditemukan di Indonesia.

"Saya mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus. Artinya apa, artinya kita kana menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang maiin berat," katanya.***