Ekonomi

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini

RIAULINK.COM - Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 13 akan dibuka hari ini, Kamis (4/3/2021).

"Gelombang 13 akan dibuka besok (hari ini), Kamis, 4 Maret, pukul 12.00 WIB," ujarnya dalam keterangan singkat kepada media, Rabu (3/3).

Pendaftaran program bansos bagi kelompok pekerja tersebut akan dibuka dengan kuota 600 ribu orang.

Program ini akan memberi kesempatan bagi pencari kerja, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), hingga pelaku usaha mikro dan kecil yang ingin mendapatkan pelatihan dan insentif pelatihan sebesar Rp2,4 juta.

Namun, sebelum memutuskan mendaftar, setiap calon peserta diharapkan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1). Berkewarganegaraan Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas.

2). Merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha.

3). Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

4). Belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya Jumlah keluarga yang menerima Kartu Prakerja tak lebih dari dua orang.

5). Bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.

6). Belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Selain syarat-syarat tersebut, program Kartu Prakerja juga dibatasi maksimal dua orang per keluarga mulai tahun ini.

Karena itu, calon pendaftaran yang dua anggota keluarganya telah menjadi peserta Kartu Prakerja akan sulit untuk lolos sebagai pendaftaran.