Peristiwa

Pesawat Jatuh Setelah Lepas Landas, Semua Penumpang Tewas

Ilustrasi pesawat jatuh. (Shutterstock)

RIAULINK.COM - Pesawat South Supreme Airlines jatuh tak lama setelah lepas landas. Menyadur International Flight Network Rabu (03/03), laporan menyebut semua penumpang tewas.

Pesawat carteran ini lepas landas dari desa kecil Pieri di Sudan Selatan dan membawa 10 orang, termasuk dua awak kabin dan 8 penumpang. Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 17:00 waktu Afrika Timur pada hari Selasa.

Direktur Bandara Internasional Juba, lokasi tujuan pesawat itu mengonfirmasi kecelakaan tersebut ke media lokal, begitu pula pemilik maskapai.

Pesawat yang jatuh dalam kecelakaan itu adalah turboprop Let-410 dengan nomor registrasi palsu milik helikopter Kolombia. Jumlah penumpang diperkirakan antara 10 hingga 24 orang dan semuanya dinyatakan tewas.

South Supreme Airlines adalah salah satu penyedia utama koneksi udara di Sudan Selatan dan mengoperasikan berbagai jenis pesawat, termasuk pesawat Antonov An-26 dan Let-410.

Meskipun menyediakan dua pesawat Antonov sebagai armada, namun itu dioperasikan secara terbatas.

Menyadur Simple Flying, South Supreme Airlines menghentikan operasinya pada tahun 2017, tapi kemudian diluncurkan kembali dengan nama South Sudan Supreme Airlines.

Sifat landasan pacu di Pieri yang terpencil dan kurangnya jangkauan seluler di sana berarti membuat detail kecelakaan sangat jarang.

Denay Jock Chagor, Gubernur Negara Bagian Jonglei mengirimkan surat yang menyatakan 'sangat terkejut' atas laporan insiden tersebut. Dia menyatakan bahwa pesawat itu terdaftar HK-4274 dan 10 orang telah kehilangan nyawa.