Metropolis

H Asmar : Jika Perlu Camat Tidur di Lokasi Karhutla

Foto disaat Tim Gabungan Penanganan Karhutla Lakukan Pemadaman

MERANTI, RIAULINK.COM - H Asmar yang merupakan Wakil Bupati Meranti mengintruksikan Camat dan kades harus berada dilokasi Karhutla untuk membantu petugas di lapangan (TKP Karhutla,red), jika perlu tidur disana.

Hal ini disampaikan Wabup disaat dirinya memberikan kata sambutan didalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rangsang Tahun 2021,di Aula Kantor Camat Rangsang, Desa Tanjung Samak, Rabu (3/3/2021).

H Asmar meminta kepada Camat wajib mengkooridnasikan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan secara terencana, terpadu dan menyeluruh, dengan melibatkan MPA, Babin Kamtibmas dan Koramil untuk melakukan pemadaman.

Pensiunan Polisi berpangkat AKBP itu, mengintruksikan kepada Camat dan Kades untuk tidak meninggalkan tempat jika muncul titik api diwilayahnya. Camat harus turun langsung melakukan pemadaman bersama MPA, Kepolisian dan TNI.

"Jika terjadi kebakaran Camat harus ikut melakukan pemadaman jika perlu tidur disana, dan saya akan cek posisi Camat, termasuk Kepala Desa karena jika terjadi bencana Karlahut bukan saja menjadi masalah daerah tapi juga Nasional dan Internasional, apalagi untuk kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga semua bisa komplain ke kita," jelas Wabup. 

Selain itu untuk mengantisipasi terjadinya Karlahut yang tak kalah penting menurut Wabup H. Asmar adalah sosialisasi oleh Camat dan Kades kepada masyarakat terkait bahaya membakar lahan khususnya pada saat cuaca ekstrim saat ini. Karena dirinya tak ingin ada masyarakat yang terpaksa berurusan dengan hukum karena kedapatan membakar lahan. (Aldo).