Metropolis

Ini Instruksi Gubri kepada Wako Dumai Pasca Dilantik 

Keterangan foto : foto bersama pasca pelantikan Wako Dumai, Paisal bersama istri Leni Rahman, Wawako Dumai, Amris bersama istri Martini oleh Gubernur Riau Syamsuar bersama istri Misnarni dan Eaki Gubri Edy Natar Nasution bersama istri Suti Muryati

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pada pelantikan Wali Kota Dumai, Paisal dan Wakil Wali Kota Dumai, Amris, Jumat (26/2/2021) tadi di Balai Pelangi Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau, Kecamatan Saul, Kota Pekanbaru., Gubernur Riau Syamsuar menekankan beberapa hal kepada keduanya.

Di antaranya kepala daerah yang baru saja dilantik harus bisa melakukan tindakan penanganan pandemi Covid-19 yang terus melanda di Bumi Melayu ini. 

Kemudian Gubri juga mengimbau, agar para kepala daerah bisa melakukan pembenahan serta pemulihan perekonomian secara nasional akibat wabah pandemi tersebut. "Pasalnya banyak pelaku usaha khususnya UMKM (usaha mikro kecil menengah) dan koperasi yang gulung tikar akibat Covid-19. Dan masyarakat tersebut berharap besar kepada anda semua,"ujar dia.

"Mereka menggantungkan harapannya kepada anda, saya minta jangan mengecewakan masyarakat yang sudah mempercayakan daerah Dumai kepada anda,"pesan mantan Bupati Siak dua periode ini menekankan.

Selanjutnya, secepatnya lakukan antisipasi bencana karhutla di daerah masing-masing kepala daerah karena memang Dumai salah satu daerah rawan bencana karhutla dan sudah ditetapkan sebagai status siaga darurat bencana karhutla.

Apalagi di Dumai saja lahan yang sudah terbakar mencapai 64,85 hektare di empat kecamatan yang tersebar di antaranya Kecamatan Sungai Sembilan, Medang Kampai, Bukit Kapur dan Dumai Selatan.

"Tolong jangan abaikan permasalahan ini. Harus segera ditangani, kalau tidak lahan gambut yang terbakar akan semakin luas. Itu yang harus kita antispasi,"sebut dia lugas.

Untuk itu dirinya meminta kepada Paisal selaku Wali Kota Dumai agar bisa memajukan daerah serta memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya. 

"Semuanya ada di tangan anda, jangan kecewakan masyarakat yang sudah berharap besar kepada anda semua,"tukasnya.

Di kesempatan berbeda, Paisal selaku Wako Dumai mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah mendukungnya bersama Wawako Dumai Amris serta doanya yang begitu tulus.

"Insya Allah kami akan segera bekerja, kami mohon do'anya, agar program-program kami dapat terwujud dengan baik. Bagaimana pelayanan kesehatan mudah bagi masyarakat, birokrasi pegawai dan pelayanan-pelayanan lain, terutama data base orang miskin dan agar dapat membantu orang tidak mampu yang menunggak BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial),"ujarnya.

Ia juga menanggapi instruksi Gubri terkait penanganan karhutla. Disampaikan dia, jika usai dilantik i i dirinya akan menggelar rapat terbatas dengan TNI, Polri dan seluruh stakeholder-stakeholder. 

Dirinya ingin seluruh pihak bersama-sama di dalam penanganan karhutla. "InsyaAllah karhutla dapat terselesaikan dengan baik sesegera mungkin,"tutur mantan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Dumai ini berjanji.

Selanjutnya, mengenai pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19, ia juga akan memprioritaskan kemajuan UMKM. 

"Insya Allah kami akan menggerakkan UMKM, apalagi Dumai sudah ada jalan tol, jadi banyak yang berkunjung ke Kota Dumai. Hal tersebut menjadi prioritas dan keunggulan kami sehingga ekonomi masyarakat akan menjadi bangkit dengan membuat icon-icon terbaik di Kota Dumai,"tutupnya. (Kll)