Hukrim

VC Sex Akun Palsu, Pria Ini Berhasil Peras Korban Jutaan Rupiah

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau menangkap seorang resedivis yang diduga melakukan pemerasan melalui media sosial pada Rabu (17/2/2021).

Polisi berhasil mengamankan tersangka berinisial S (39), dan menyita barang bukti dua handphone, 
dua buah sim card dan akun facebook.

Direktur Reskrimsus, Kombes Andri Sudarmadi mengatakan, pelaku memeras seorang korban melalui media sosial.

"Pelaku melakukan pemerasan terhadap korban melalui akun media sosial Facebook. Jika tidak dipenuhi permintaan pelaku, maka video vulgar korban akan disebarkan oleh tersangka," ujarnya, Senin (22/2/2021).

Pelaku memeras korbannya Rp1.150.000, yang sebelumnya pelaku sudah mendapatkan Rp5.000.000 dari korban.

Modus pelaku melakukan pemerasan melalui media sosial, berdasarkan laporan korban WH, atas laporan korban, polisi langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku, dan berhasil menangkap pelaku di Provinsi Sumatera Barat.

"Pelaku awalnya membuat akun palsu, dan mengajak korbannya berteman di media sosial, setelah itu pelaku menghubungi korban melalui facebook messenger untuk berkenalan dan meminta Nomor Whatsapp," jelas Andri.

Usai itu, pelaku mengajak korban untuk melakukan video call sex dimana pelaku menampilkan video wanita yang sedang telanjang dan melakukan aktifitas seksual.

"Korban terpancing dan juga ikut membuka pakaian dan melakukan aktifitas seksual, dan ketika video call sex tersebut berjalan, pelaku merekam video dan melakukan screenshot layar handphone," ungkap Andri.

Karena pelaku sudah memiliki bahan untuk melakukan pemerasan, pelaku meminta sejumlah uang dan pulsa kepada korban serta mengancam jika tidak dipenuhi oleh korban maka video atau tangkapan layar tersebut akan disebarkan kepada rekan-rekan facebook korban.

Saat ini, pelaku sudah diamankan beserta barang bukti, untuk di lakukan penyelidikan lebih lanjut. (WAN)