Lingkungan

Ancaman Karhutla, 63 Hotspot Terdeteksi di Riau

Ilustrasi

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sebanyak 63 hotspot atau titik panas terpantau di Provinsi Riau di awal pekan ini, Senin (22/2/2021). Jumlah ini masih sama dengan hari sebelumnya.

Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Anggun mengatakan titik panas tersebar di 6 wilayah.

"Terbanyak itu di kabupaten Pelalawan yakni 32 titik, selanjutnya adalah Kabupaten Bengkalis 18 titik, Kota Dumai 7 titik, Kabupaten Rokan Hilir 4 titik serta Kepulauan Meranti dan Kabupaten Indragiri Hilir masing-masing satu titik," ujar Anggun.

Ia mengatakan, dari jumlah tersebut, 7 titik diantaranya berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. Titik api tersebut tersebar di Kabupaten Bengkalis sebanyak 4 titik, Dumai 2 titik dan Pelalawan sebanyak satu titik.

"Untuk 56 titik lainnya berada di level rendah dan sedang. Rinciannya 25 titik di level rendah dan 31 titik berada di level sedang. BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 - 96 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Utara - Timur dengan kecepatan 10 - 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter. Waspada gelombang tinggi di wilayah Perairan Timur Bintan, Perairan Timur Lingga serta Perairan UItara Bangka.