Riau

Wardan Tegaskan Poin Penting Jadi Kepala Desa di Inhil Harus Fasih Baca Al Quran

RIAULINK.com - Ke depan seleksi kepala desa khusus di Kabupaten Inhil salah satu kriterianya harus Fasih baca Al-Qur’an. Demikian dikatakan Bupati Drs HM Wardan MP saat pelantikan Penjabat Kepala Desa Lintas Utara, Desa Petalongan Kecamatan Keritang dan Penjabat Desa Pasir Emas Kecamatan Batang Tuaka di Halaman Kantor Desa Lintas Utara, Sabtu (29/12/2018).

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Komisi 1 DPRD, Ketua Baznas Inhil, Ketua TP-PKK Inhil, Camat Batang tuaka, Camat serta unsur Forkopimcam Keritang, dan beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Selain pelantikan Penjabat Kepala Desa juga dilakukan pengukuhan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Petalongan, Desa Lintas Utara, Desa Kayu Raja dan Desa Pancur, Priode 2018-2024 oleh Bupati HmWardan serta pengukuhan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Keritang dan Kecamatan Kemuning oleh Ketua Baznas Inhil. 

Sebelum menyampaikan sambutannya, Bupati Inhil terlebih dahulu melakukan penyerahan insentif gharim dan imam Kecamatan Keritang, penyaluran zakat produktif, dan bedah rumah.

"Pelantikan Penjabat Kepala Desa ini untuk melaksanakan amanah UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan juga mengisi kekosongan jabatan karena Pejabat Kepala Desa yang lama sudah habis masa jabatannya. Untuk itu ditunjuk Penjabat kepala Desa dari Pegawai Negeri Sipil oleh Bupati", ujar Pemimpin Negeri Seribu Parit ini. 

Penjabat Kepala Desa ini, imbuhnya, mempunyai hak dan tanggung jawab sama dengan kepala desa defitif.

"Untuk itu, diharapkan kepada Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik untuk memahami betul tugas dan fungsinya sebagai Penjabat Kepala Desa. Serta tugas berat juga sudah menanti sebagai Penjabat Kepala Desa untuk mengantarkan diadakannya Pilkades serentak pada tahun 2019 akan datang dan sebagai Penjabat Kepala Desa harus bersikap netral dalam proses pemilihan kepala desa," urainya. 

Sebagai kota ibadah, Bupati mengharapkan agar kandidat kepala desa yang akan maju dalam pilkades nanti harus fasih membaca Al Quran.