Politik

PDIP Lakukan Gerakan Tanam Pohon Bakau dan Bersih-bersih Sungai Dumai 

DUMAI, RIAULINK.COM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Dumai melakukan bersih-bersih muara Sungai Dumai, Minggu  (21/2/2021) yang dipimpin langsung oleh sang ketua, Zubair Firdaus.

Kegiatan yang dilaksanakan sekiranya pukul 13.00 WIB tadi, sebagai tindak lanjut program gerakan penghijauan dan bersih-bersih daerah aliran sungai (DAS) gelombang kedua di seluruh Indonesia yang diinstruksikan langsung oleh Ketum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Ibu Megawati meminta kepada  seluruh kader PDI-P agar membersihkan dan menghijaukan sungai dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan,”kata pria yang kerap disapa Uber ini saat ikut melakukan bersih-bersih di muara Sungai Dumai. 

Tak hanya para kader saja baik itu anggota, pengurus DPC PDIP Dumai saja termasuk para legislator PDIP serta melibatkan mahasiswa dan pegiat lingkungan hidup.

Kegiatan bersih-bersih sungai ini, disampaikan Uber lagi diawali dengan penanaman pohon Bakau di kawasan Bandar Bakau, Jalan Nelayan Laut, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat.

Selanjutnya melakukan bersih-bersih sungai dengan menggunakan sampan dan speed boat di sepanjang muara Sungai Dumai.

"Jadi kegiatan tersebut kita bagi menjadi dua tim, tim pertama untuk menanam pohon bakau di kawasan Bandar Bakau, tim kedua untuk menyusuri kuala Sungai Dumai dengan mrlakukan pembersihan sampah-sampah,"terang Ketua DPC PDIP Kota Dumai dua periode ini memaparkan.

Kegiatan penghijauan dan bersih-bersih sungai ini serentak dilaksanakan pada hari ini di seluruh Indonesia. Gerakan ini tadi pagi dipusatkan di Waduk Cincin, Jakarta Utara.

"Gerakan penghijauan dan bersih-bersih sungai merupakan program merawat bumi yang sejalan dengan tema HUT ke-48 PDI-P. Yakni menjaga sungai sebagai jalan peradaban,"terang dia.

Melalui kegiatan ini, lanjut Uber, PDI-P mengampanyekan hidup sehat, lingkungan yang bersih dan memberi contoh bagaimana gerakan menanam sebagai satu hal yang wajib dilakukan. 

"Tidak hanya oleh kader-kader PDI Perjuangan, juga oleh seluruh masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebar plastik sembarangan khususnya di daerah aliran sungai,"imbaunya mengajak.

Dijadwalkan, kegiatan nasional ini akan berkelanjutan. Sesuai dengan program pusat hingga Mei mendatang. "Dalam rangka juga akan memperingati bulannya Bung Karno, pada 1 Juni (HUT RI 1),"terangnya mengakhiri. (Kll)