Kesehatan

Agar Mudah, Puskesmas Kedua Dibangun di Sungai Apit

SIAK, RIAULINK.COM - Dulunya warga di Kampung Mengkapan, Rawa Mekar dan Teluk Lanus harus tertatih menuju Puskesmas yang ada di kelurahan Sungai Apit saat hendak berobat. Sebab jarak dari kampung-kampung itu bisa memakan waktu  lebih dari satu jam ke sana. Padahal masih dalam satu kecamatan. 

Melihat kondisi itu, Alfedri membangun Puskesmas kedua untuk Kecamatan Sungai Apit, yang terletak di Kampung Mengkapan.

Puskesmas kedua itu menghapus kerisauan warga khususnya yang tinggal di kampung pinggiran di Kecamatan Sungai Apit itu yang kesulitan jika sakit. 

"Kini masyarakat tak perlu risau, Puskesmas di Mengkapan yang kita resmikan ini menjadi alternatif dari Puskesmas yang ada di ibu kota kecamatan. Apalagi warga di Kampung Teluk Lanus, sekarang berobat lebih dekat lagi," kata Alfedri di depan warganya saat meresmikan Puskesmas kedua di Sungai Apit itu, Kamis (18/2/2021).

Pembangunan Puskesmas itu dimulai tahun 2020, melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp3,5 miliar. Puskesmas ini proto tipe fisiknya sama dengan Puskesmas di daerah lain di Indonesia.

Puskesmas itu memprioritaskan pelayanan kesehatan untuk warga yang berdomisili di lima kampung di kecamatan Sungai Apit yaitu kampung Mengkapan, Bunsur, Rawa Mekar, Sungai Rawa dan Teluk Lanus. Namun jika ada pasien dari luar kampung yang disebutkan tetap diberi pelayanan. 

Alfedri berpesan, setelah Puskesmas beroperasi, warga jangan sungkan memberi kritik dan saran terhadap sistem pelayanannya. Dengan maksud lembaga itu dapat berbenah semakin profesional. 

"Kita harapkan meski di kampung tapi pelayanan tetap optimal," kata dia.

Selain meresmikan Puskesmas, Alfedri juga menyerahkan 1 unit mobil ambulance secara simbolis kepada pihak Puskesmas. Hal itu menambah kesan pelayan prima di sana.

"kalau ada yang sakit parah tapi tak punya mobil bisa pakai ambulance dari Puskesmas ini," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Siak, Tonny Chandra mengatakan tujuan awal dibangunnya Puskesmas kedua itu adalah memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat hingga ke curug-curug kampung.  

"Harapannya agar derajat kesehatan di masyarakat meningkat," ungkapnya. (Wahyu)