Nasional

Mahfud MD: Pemerintah Insya Allah Tidak akan Menangkap Orang Kritis

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pemerintah tidak akan pernah menangkap orang-orang yang kritis terhadap pemerintah. Namun, pemerintah akan bertindak jika ada yang melanggar hukum.

“Pemerintah insya Allah tidak akan pernah menangkap orang kritis, yang diproses hukum itu orang yang nanti akan terbukti melanggar hukum. Mau kritis tapi sebenarnya destruktif,” ujar Mahfud MD seperti dilansir dari laman Cakaplah.com, Minggu (14/2/2021).

Pernyataan Mahfud MD ini didasari atas tuduhan bahwa Din Syamsuddin adalah radikal. Menurut Mahfud MD, Din adalah orang yang kritis terhadap pemerintah.

“Tidak ada dari pemerintah niat sedikitpun untuk mempersoalkan kiprah Pak Din Syamsuddin di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia sebagai orang yang banyak kritis terhadap pemerintah,” ucap Mahfud MD.

Mahfud MD mengaku beberapa kali berbincang dengan Din. Kritik-kritik Din, jelas Mahfud MD, harus didengar.

“Pak Din Syamsuddin itu adalah tokoh yang kritis, yang kritik-kritiknya itu harus kita dengar. Coba kapan pemerintah pernah menyalahkan pernyataan Din Syamsuddin apalagi sampai memprosesnya secara hukum, tidak pernah, dan insya Allah tidak akan pernah,” lanjutnya.