Sosial

Sisihkan Uang Jajan, Murid SD Swasta PT KTU Kumpulkan Donasi Bantu Korban Bencana di Kalsel dan Sulbar

SIAK, RIAULINK.COM - Murid-murid SD Swasta PT Kimia Tirta Utama (KTU) di Kecamatan Kotogasib, Kabupaten Siak tampak bersemangat saat menyumbangkan sebagian uang jajannya untuk membantu korban bencana banjir besar yang melanda sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Selatan dan gempa yang mengguncang Sulawesi Barat baru-baru ini.

Seorang murid kelas VI SD Swasta KTU, Sarah Heizkia Haloho merasa prihatin atas musibah itu. Ia mengaku rela menyisihkan uang sakunya demi ikut menyumbang untuk membantu saudara-saudara korban bencana tersebut. 

"Uang kami terbatas. Meskipun sedikit, semoga dapat bermanfaat," kata Sarah dengan polosnya saat diwawancarai riaulink.com, Selasa (9/2/2021). 

Rasa peduli itu juga muncul dari siswa-siswi di SMP Swasta KTU yang turut menyisihkan uang sakunya untuk membantu korban bencana tersebut.

Kepala SD Swasta KTU, Sangga Pawiyat Diga Novensa saat dikonfirmasi mengatakan, program donasi bencana Kalsel dan Sulbar itu diadakan oleh tim Edukasi PT KTU. Jumlah donasi yang terkumpul mencapai Rp2 juta.

"Semoga usaha yang kami lakukan dapat meringankan beban saudara-saudara kami yang tertimpa musibah. Karena bencana di Kalsel dan Sulbar ini juga merupakan bencana nasional yang turut menimbulkan duka bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk anak-anak di KTU ini," katanya.

Ia menambahkan, meski bantuan yang kami kumpulkan ini kecil, namun ini adalah bentuk kontribusi siswa-siswi yang bersekolah di kawasan perkebunan sawit milik Grup Astra Agro Lestari itu. 

Selain anak-anak sekolah, para karyawan PT KTU pun ikut berdonasi dalam program ini. Jumlah donasi yang terkumpul sebanyak Rp4 juta. 

Sementara itu, Administratur PT KTU, Hubbal Sembiring berharap bantuan yang terkumpul dari pihak perusahaan dapat bermanfaat bagi penanggulangan bencana tersebut. 

Sebagaimana diketahui, musibah banjir besar melanda Kota Banjarmasin pada 14 Januari 2021 yang lalu. Lebih dari 160 ribu hektar wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan tergenang akibat banjir.

Sedangkan pada 15 Januari 2021 bencana besar kembali melanda Indonesia, yakni gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang wilayah Mamuju dan Majene di Provinsi Sulawesi Barat.
(Wahyu)