Metropolis

Pandemi Pengaruhi Industri Media, PHK Hingga Gulung Tikar

JAKARTA, RIAULINK.COM - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang juga Penanggung Jawab Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Atal S.Depari mengatakan kerisis ekonomi akibat pandemi telah mengakibatkan performa industri media mengalami penurunan sehingga beberapa perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Dampak Pandemi terhadap media sangat besar salah satunya terpaksa memPHK bahkan ada juga yang gulung tikar," kata Atal S.Depari di Istana Negara, Selasa (9/2/2021).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tapi ada juga menyambung hidup dari idealismenya yaitu pindah ke media online sambil belajar beradaptasi biar krisis di masa pandemi terutama kesehatan dan ekonomi tidak segera berlalu, sejumlah media diperkirakan hanya mampu bertahan hidup dalam hitungan bulan.

"Tentunya kami berharap kepada Persiden Jokowi dan mohon dengan sangat agar insentif ekonomi untuk industri pers nasional yang pernah dijanjikan pemerintah dapat benar-benar segera diwujudkan," tuturnya

Ia juga menjelaskan masalah lain diantaranya masalah krisis eksistensi akibat distrubsi digital, tekanan distrubsi muncul bersamaan dengan semakin kuatnya penetrasi bisnis perusahaan part prom digital di indonesia dan dunia.

"Perkembangan pesat media baru seperti media sosial, mesin pencari dan situs e-commerce mengguncang gaya hidup media konfensional yaitu media cetak, radio dan televisi," terangnya.

Part prom digital semakin mendominasi ranah media sehingga semakin berpengaruh untuk keberlansungan media karena pendapatan iklan tersebut dapat menggeser kedudukan media masa konfensional sehingga dalam konteks ini perlu dirumuskan aturan main yang lebih tranparan adil dan menjamin kesetaraan antara Part prom digital dan penerbit media.

"Negara hadir mengatur hal-hal ini secara profesional dan partisipatif sehingga tercipta iklim bisnis yang setara dan adil," pungkasnya.(mc)