Sosial

BAZNas Siak Bakal Bangun 17 RLH untuk Mualaf dan Dhuafa

SIAK, RIAULINK.COM - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Siak akan membangun 17 rumah layak huni bagi kaum duafa dan mualaf untuk tahun 2021 ini.

Ketua Baznas Kabupaten Siak, Abdul Rasyid Suharto mengatakan pembangunan rumah layak huni itu diberi jatah masing-masing 1 unit di 14 kecamatan yang ada di Siak. 

"Tapi ada tiga kecamatan yang mendapat 2 unit sesuai dengan jumlah penduduknya. Ada Kandis, Tualang dan Sungai Apit," kata Rasyid, Senin (8/2/2021). 

Rasyid mengatakan untuk biaya 1 unit rumah sampai rampung berkisar Rp65 juta. Semua ditanggung oleh Baznas Siak.

"Tak ada pungutan biaya apa pun. Karena memang program ini targetnya membantu warga yang belum punya rumah layak kemudian dibantu untuk mendapatkan rumah yang layak untuk tempat tinggal," katanya. 

Selain bantuan rumah layak huni, tahun ini Baznas Siak juga akan memberikan program sambungan listrik untuk keluarga tidak mampu di lima kecamatan dengan jumlah 180 KK.

"Sudah berjalan programnya. Untuk di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit sambungan listrik ada sebanyak 130 KK. Alhamdulillah pada tahap pertama 50 KK sudah menyala, dan Insya Allah 80 lagi disambung minggu depan," ujarnya.

Baznas juga memiliki program yang sinkron dengan program Pemerintah Kabupaten Siak dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di antaranya penyaluran zakat, penyambungan listrik, jamban sehat, beasiswa, dan rumah layak huni. (Wahyu)