Sosial

PKK Siak Salurkan Bantuan Korban Bencana Alam Melalui ACT

SIAK, RIAULINK.COM - Prihatin dengan kondisi korban bencana alam di sejumlah daerah di Indonesia seperti gempa di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan, tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Siak menggalang bantuan. 

"Alhamdulillah bantuan ini kami kumpulkan sudah satu minggu lalu. Kami akan berikan kepada saudara-saudari kita yang membutuhkan," kata Ketua PKK Siak, Rasidah, Jumat (5/2/2021). 

Dari hasil menggalang bantuan, Rasidah mengaku berhasil mengumpulkan Beras sebanyak 600 kg, mie instan 31 kardus, minyak goreng 2 liter sebanyak 7 kardus, susu kental manis, teh, gula, kopi, serta makanan ringan masing-masing 10 kardus. 

"Bantuan ini kami serahkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang kebetulan menjemput donasi yang kami kumpulkan di Siak," katanya. 

Pengurus ACT Riau, Armi Oktavia  mengatakan bahwa kedatangannya ke Siak bermaksud mengkolaborasikan program cepat tanggap terhadap isu kemanusiaan, dan juga mengumpulkan bantuan-bantuan untuk korban bencana alam dari berbagai daerah di Provinsi Riau.

"ACT berikhtiar dari Riau ini bisa terkumpul sebanyak 20 ton sembako untuk korban gempa di Sulawesi Barat dan korban bencana lainnya. Mereka saat ini sedang mengungsi dan sedang membutuhkan pasokan makanan," katanya. 

Setelah terkumpul, kata Armi, bantuan tersebut dibawa ke kapal kemanusiaan yang bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur, Sumatera Barat kemudian berlayar menuju daerah bencana.

Ia mengapresiasi bantuan dari ibu-ibu organisasi wanita maupun BKMT di Siak ini cukup banyak, diharapkan bisa meringankan beban korban gempa di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan. 

"Alhamdulillah partisipasi dari ibu-ibu di sini sangat antusias untuk menolong, semoga bisa menjadi contoh bagi ibu-ibu di daerah lainnya," katanya.

Diketahui, hingga kini korban gempa di Sulawesi Barat masih mengungsi. Masyarakat di sana tidak hanya serba kekurangan, namun juga terancam terpapar virus Covid-19. (Wahyu)