Serambi islam

Umrah Disetop, Kemenag Minta Warga Sabar

KUANSING, RIAULINK.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuantan Singingi menghimbau masyarakat yang sudah berencana menunaikan ibadah umrah agar menunda ibadah tersebut.

Pasalnya, mulai Rabu (3/2/2021) Kerajaan Arab Saudi kembali menutup sementara akses masuk ke wilayahnya bagi pendatang dari 20 negara, termasuk Indonesia.

"Tunda dulu ibadah umrahnya. Karena akses ditutup Pemerintah Arab Saudi. Selalu bersabar, semoga masalah ini segera berakhir," ungkap Kepala Kemenag Kuansing H Jisman didampingi Kepala Seksi Haji dan Umrah H Bakhtiar Saleh kepada wartawan, Kamis (4/2/2020) di Telukkuatan.

Ditambahkannya bahwa kebijakan tersebut diambil karena semakin meningkatnya kasus Covid-19 di negara Arab Saudi saat ini.

"Informasinya karena kasus Covid-19 disana (Arab Saudi,red) meningkat," kata Bakhtiar.

"Hanya warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan, serta keluarga mereka yang diizinkan masuk," ungkapnya.

Lanjut Bakhtiar dengan kebijakan yang diambil oleh pihak Arab Saudi tersebut secara otomatis maka layanan Ibadah umrah untuk jamaah asal Indonesia dengan sendirinya terhenti.

"Informasi itu beredar tanggal 2 Februari kemarin berdasarkan berita yang beredar pihak Kantor Urusan Haji kita melalui KJRI di Jeddah," katanya.

Penutupan akses sementara itu katanya, untuk 20 negara dan termasuk didalamnya negara Indonesia. Makanga secara otomatis terhenti pula layanan ibadah umrah bagi masyarakat Indonesia.

"Karena itu kita minta masyarakat bersabar dengan kondisi ini. Semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita bisa beribadah seperti semula," pungkasnya. (KTC)