Lingkungan

BPBD Riau Ingatkan Warga di Bantaran Sungai Waspada Banjir

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meminta warga yang tinggal di bantaran sungai di sejumlah daerah itu meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi banjir dan longsor berkaitan dengan curah hujan yang diprakirakan intensitasnya cukup tinggi.

"Daerah yang berpotensi dan rawan banjir itu seperti di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hulu. Selain itu kemungkinan banjir bisa terjadi di Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hulu," kata Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger.

Ia mengatakan pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota se-Riau untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan tanah longsor.

Akan tetapi melihat kondisi cuaca yang cukup ekstrem saat ini, kata dia, untuk itu perlu koordinasi BPBD kabupaten dan kota juga bisa mengantisipasinya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya juga terus memantau perkembangan ketinggian sumber air dari PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar.

"Jika di Sumatera Barat curah hujan sudah cukup tinggi dan pintu air PLTA Koto Panjang sudah mulai dibuka, maka daerah sekitar itu yang perlu diwaspadai," katanya.

Ia menjelaskan daerah rawan terjadinya longsor yang harus diwaspadai seperti di perbatasan Riau dengan Sumatera Barat di Lubuk Jambi dekat Kuantan Singingi.

"Kita juga sudah memetakan dan mengantisipasi agar tidak terjadi tanah longsor bahkan kita sudah bekerjasama dalam penanggulangannya dengan Dinas PUPR Riau. Antisipasi juga kita lakukan di daerah Lima Puluh Koto dan Tiga Belas Koto Kampar, untuk lebih meningkatkan kewaspadaan," demikian Edwar Sanger.(ant)