Hukrim

Polair Polda Riau Amankan Rokok Tanpa Cukai di Perairan Inhil, 1 Pelaku Oknum ASN Syabandar

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Upaya penyelundupan rokok ilegal di gagalkan Tim Direktorat Polisi Air (Polair) Polda Riau di Perairan Guntung, Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada Senin (24/1/2021).

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Polair Polda Riau, Kombes Pol Eko Irianto yang mengatakan penyelundupan rokok ilegal berhasil digagalkan oleh Polair Polda Riau.

"Setidaknya ada sebanyak 230.400 batang rokok ilegal merek H Mild yang berhasil disita," ujarnya Rabu (27/1/2021).

Dari penggagalan penyelundupan rokok ilegal tersebut, tiga tersangka turut diamankan yang mempunyai peran masing - masing yakni, JK (36) yang bertindak selaku nakhoda kapal, EM (38) yang merupakan ASN  Syahbandar Inhil selaku orang yang mengambil keuntungan dari penjualan rokok ilegal dan A (40).

"Pengungkapan berawal dari laporan masyarakat, kemudian dilakukan pengintaian, dan menemukan kapal yang dicurigai melintas. Pada saat itu langsung di lakukan pengejaran dan berhasil memberhentikan dan memeriksa muatan kapal," jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan muatan kapal, ditemukan 18 dus rokok berisi 1440 slop rokok tanpa cukai.

"Seluruh barang bukti dan tersangka kini telah diamankan di Polairud Polda Riau untuk proses hukum lebih lanjut," pungkasnya. (Wan)