Sosial

Enam Kandidat Berebut Kursi Ketua PWI Siak

Ilustrasi. Int

SIAK, RIAULINK.COM - Jelang pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Siak, muncul enam nama yang akan berkompetisi merebut kursi Ketua PWI Siak periode 2021-2024. Konfercab tersebut direncanakan akan digelar Kamis (28/1/2021) lusa. 

Enam nama yang bersaing antara lain, Soleman Sihotang yang merupakan pemilik media online Lintas10.com, Wiwik Widyaningsih jurnalis Riau Pos, Yanti Sugiarti dari koran Pekanbaru MX, Sahril Ramadhan dari GATRA dan Abdul Salam dari Suarariau.com dan calon incumbent Ali Masruri dari Infosiak.com.

Kandidat bakal calon ketua ini, akan bersaing memperebutkan sekitar 30 suara dari 35 anggota PWI Siak.

Seperti yang diungkapkan Ketua Panitia Konfercab PWI Siak, Koko Haryadi diwakili oleh Sekretaris Konfercab PWI Siak, Agus Suhaili mengatakan penyelenggaran akan dilaksanakan di Gedung Maharatu depan Istana Siak, dan dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri, Ketua DPRD Siak Azmi dan Forkopimda. 

"Kita berharap kegiatan ini berjalan lancar tanpa ada halangan sama sekali. Siapapun ketua PWI Siak, kita harapkan dapat membangun PWI Siak lebih baik lagi," katanya, Selasa (26/1/2020). 

Agus juga mengatakan, Konfercab kali ini sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya. Karena banyak kandidat yang menyatakan siap maju. 

"Karena pemilihan kali ini dimasa pandemi, kita harapkan seluruh tamu undangan yang hadir mematuhi protokol kesehatan COVID-19," imbaunya. 

Diana Sari salah satu anggota PWI Siak mengatakan banyaknya calon yang maju, tentu membuat Konfercab kali ini terasa sangat semarak. Terutama tim sukses masing-masing calon cukup agresif melakukan pendekatan untuk meraih dukungan. Disisi lain, banyaknya calon yang bakal maju, tak jarang membuat kondisi kian memanas, terutama dari kalangan tim sukses calon ketua PWI itu sendiri.

"Para calon ini bersaing melalui program. Tentu sebagai anggota saya berharap siapapun yang menjadi ketua, bisa berinovasi untuk mengembangkan SDM dibidang profesi wartawan. Tentunya ketua yang terpilih ke depannya bisa memfasilitasi calon anggota baru untuk pengurusan administrasi di PWI," singkatnya. 

Ditempat terpisah Wiwik Widyaningsih saat dikonfirmasi mengaku siap maju melawan pesaing-pesaingnya, menurutnya di tubuh organisasi PWI itu sendiri butuh penyegaran struktur dan konsep untuk membawa PWI Siak lebih bergeming. 

"Dengan gebrakan dan semangat baru saya yakin PWI Siak bisa menjadi wadah bagi teman-teman se-profesi untuk saling berdiskusi dalam hal mengembangkan organisasi. Tentunya saya optimis nanti PWI bisa memberi pengetahuan kepada pemerintah dan masyarakat tentang fungsi dan tugas dari wartawan," katanya. 

Soleman Sihotang yang juga menjadi salah satu kompetitor menyatakan siap maju mencalonkan sebagai ketua PWI Siak. Dia optimis bisa membawa PWI lebih baik lagi. 

"Insya Allah saya siap maju calon ketua PWI Siak periode 2021-2024. Hati saya tergerak untuk membuat PWI lebih eksis di masyarakat. PWI ini merupakan organisasi wartawan tertua di Indonesia, jadi perannya sangat penting dalam pembangunan," katanya. (Wahyu)