Metropolis

Hotel Sonaview Dumai Tak Lagi Dijadikan Sebagai Ruang Isolasi Mandiri bagi Pasien Covid-19

DUMAI, RIAULINK.COM - Hotel Sonaview Dumai di Jalan Pattimura, Kelurahan Dumai Kota, Kecamatan Dumai Kota tidak lagi menjadi salah satu tempat bagi pasien Covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri.

Usai menjalani kontrak kerjasama dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai berakhir pada 29 Desember 2020.

Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Syahrinaldi didampingi sang sekretaris, dr Syaiful sekaligus Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Dumai, yang dihadiri General Manager Hotel Sonaview Dumai, Eka Sari Dewi  dalam keterangan resminya, Kamis (21/1/2021) 

Dikatakan pria yang juga ditunjuk sebagai Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, setelah kontrak kerjasama berakhir, maka pasien positif Covid-19 tidak ada lagi yang dirawat di Hotel Sonaview.

"Kami telah melakukan sterilisasi terhadap setiap kamar yang digunakan pasien dengan disinfektan dan lainnya sesuai prosedur,"ucap dia.

"Jadi Hotel Sonaview dinyatakan aman bagi masyarakat umum yang ingin menginap karena sudah dilakukan sterilisasi,"ungkap dia.

Menurut dia, kerjasama ini dilakukan sejak April 2020 tahun lalu dengan nilai kontrak sebesar Rp1,2 miliar dengan jumlah 30 kamar.

"Sudah 226 orang yang diisolasi mandiri di hotel ini (Sonaview) dengan waktu dan masa isolasi yang berbeda-beda,"terangnya menimpali.

Ia juga mengaku jika masih ada satu hotel lagi yang menjalin kerjasama terkait kamar yang yang dijadikan ruang bagi pasien Covid-19 diisolasi mandiri. Hotel tersebut bernama Super Star yang berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Simpang Tetap Dahrul Ihsan (STDI) Kecamatan Dumai Barat.

"Karena rumah pasien Covid-19 tidak cocok dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri. Dan saat ini kita masih bekerjasama dengan pihak Super Star,"terang dia.

Di kesempatan yang sama, Eka Sari Dewi, GM Hotel Sonaview Dumai mengaku dengan berakhir kerjasama tersebut, dirinya berharap stigma masyarakat terhadap hotelnya bisa berubah.

Apalagi berdasarkan pernyataan dari Diskes dan Satgas-19 Hotel Sonaview sudah dinyatakan aman bagi masyarakat saat ini.

"Kita memaklumi jika masih ada masyarakat berfikir seperti itu namun dengan adanya pernyataan dari pihak Satgas Covid-19 Dumai, semoga masyarakat tidak takut lagi,"pungkasnya dengan nada berharap. (Kll)