Kesehatan

Kadiskes Inhil sebut Jadwal Vaksinasi Masih Menunggu Info dari Dinkes Provinsi Riau

INHIL, RIAULINK.COM - Pemerintah sedang menggalakkan program vaksinasi Covid-19 seiring telah tersedianya vaksin CoronaVac dari perusahaan Sinovac yang sudah dinyatakan lulus EUA (Emergency Use Authorization) dan mulai didistribusikan di Indonesia. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), vaksinasi adalah kunci mengendalikan pandemi Corona di tanah air.

"Pengendalian pandemi terutama melalui vaksinasi adalah game changer, adalah kunci yang sangat menentukan agar masyarakat bisa bekerja kembali, anak-anak kita bisa belajar di sekolah lagi, agar kita bisa kembali beribadah dengan tenang, dan juga agar perekonomian nasional kita segera bangkit," Sebut Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil, dr. Afrizal menyebut bahwa beluma ada informasi pasti kapan Vaksinasi akan dilakukan di Kabupaten Inhil.

"Belum ada informasi kapan Vaksinasi Covid-19 akan dilakasanakan di inhil, kita masih menunggu informasi dari Dinkes Prov. Riau," Sebutnya kepada Riaulink.com, Kamis (21/01/2021).

Lanjutnya, dr. Afrizal menyebut bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nantinya akan dibagi menjadi 3 tahap.

"Tahap awal vaksinasi Covid-19 akan utamakan bagi tenaga kesehatan, Tahap kedua Vaksinasi akan diberikan kepada pejabat publik yang menjadi garda terdepan Seperti TNI, Polri, Satgas Covid-19 dan lain sebagainya dan tahap ketiga baru untuk masyarakat umum," Jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Afrizal menyebut bahwa sampai hari ini Vaksin Covid-19 belum tiba di Inhil.

"Infonya dari dinkesprov belum dikirim," Ungkapnya.

Sebagai informasi, Sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil telah menggelar simulai vaksinasi Covid-19.

Simulasi tersebut digelar di Puskesmas Gajah Mada, pada Jumat (08/01/2021), yang dipantau langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Diskes Inhil, Ns Matzen juga disaksikan oleh pihak Diskes Provinsi Riau.

Simulasi tersebut meliputi tahapan pendaftaran, screening (pemindaian), hingga penyuntikan vaksin. (Jb)