Ekonomi

Rupat Jadi Pulau Zakat, Pemprov dan Baznas Matangkan Persiapan

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi Riau mengadakan pertemuan bersama pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau dalam rangka mematangkan Konsep Pulau Zakat Pulau Rupat di Gedung Lancang Kuning, Selasa, (19/1/2021).

Pertemuan dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy. Usai pertemuan Plh Sekda mengatakan bahwa Pulau zakat merupakan permintaan dari Baznaz Provinsi Riau yang sudah mendapatkan respon dan dukungan  Gubernur Riau Syamsuar.

"Program ini sebenarnya sudah mendapatkan dukungan dari pak Gubernur agar menggagas sebuah pulau untuk dijadikan sebagai pulau zakat," katanya.

Jelasnya bahwa program pulau zakat merupakan hal baru yang akan dibuat di satu pulau di wilayah Riau, yang fokus nanti untuk penerapan dari asnaf maupun muzakki serta nanti pemanfaatan zakatnya dikelola dan bisa digunakan untuk kemaslahatan umat terutama dipulau rupat itu sendiri.

"Program ini akan diterapkan di Pulau Rupat yang saat ini didorong sebagai pulau zakat, dalam waktu dekat kita akan turun untuk melihat langsung lokasinya," ujar Plh. Sekda

Ia menerangkan bahwa bentuknya dari pulau zakat tersebut yaitu intervensi meningkatkan dakwah, pendidikan dan perekonomian yang ada. Sehingga perlu bersinergi dari masing masing unsur, baik itu pemerintahan maupun swasta termasuk dari badan zakat sendiri

"Tentu ini nanti akan menjadi model kedepannya dan konsep ini diterima secara luas dengan dukungan dari OPD-OPD sehingga dapat dimasukkan kedalam programnya didaerah," terangnya.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau Dr. Saidul Amin mengatakan program pulau zakat di Rupat yakni sebagai pusat Pendidikan, Dakwah dan Ekonomi. Bahkan sudah di siapkan lahan 2 hektar untuk program tersebut

Bidang pendidikan akan dibangun pasantren dan pusat rehabilitasi narkoba, pusat dakwah akan dikirim dai sedangkan program ekonomi dengan memberikan bantuan kapal nelayan, tambak udang pename dan alat tangkap ikan bagi warga setempat.

Selain di pulau Rupat kata Saidul Amin, program pulau zakat telah berjalan di Pulau Mendul Kabupaten Pelalawan. Dimana sudah di siapkan mualaf center. 

Selain Plh Sekda, pertemuan dihadiri kepala Dinas Pendidikan Zul Ikram Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Asrizal, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Herman dan Kabid pemerintahan dan sumberdaya manusia Bappedalitbang Herianto. ***