Lingkungan

Polres dan DLH Meranti Berhasil Atasi Sampah Pelastik dengan Cara Ini

MERANTI, RIAULINK.COM - Pihak Kepolisian Polres Meranti dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Meranti bergandeng tangan olah limbah plastik dengan cara menjadikan Paving Blok dan hal ini teruji untuk mengurangi sampah plastik.

Kapolres Meranti AKBP Eko Wimpiyanto SIK kepada Wartawan Riaulink.com, Sabtu siang mengatakan solusi ini merupakan solusi yang sangat permanen dan hal ini akan dilakukan kedepannya dengan cara jemput bola ke Masyarakat.

"Ini kan baru uji coba, dan Alhamdulillah limbah plastik yang kita olah tadi berhasil dijadikan Batako dan Paving Blok. Kita berharap, limbah plastik ini bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Yang ada di Meranti," ujar Kapolres Meranti.

Diakui dia, pihaknya saat ini dengan dinas Lingkungan Hidup masih uji coba dan semua sampah plastik kita olah berhasil.

"Kedepannya, jika hal ini berjalan diharapkan masyarakat bisa mengumpulkan limbah plastik dan kita akan jemput di rumah, apakah per Kg Rp 1000. Nanti kita akan membahas lebih lanjut," katanya.

Sementara itu, Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kepulauan Meranti Drs Irmansyah melakukan pembuatan batako dan Paving blok dari limbah plastik dan hal ini merupakan solusi untuk mengurangi limbah tersebut (Limbah Plastik,red).

"Kita melakukan ini bersama Kapolres Meranti AKBP Wimpiyanto dan Polmas Lingkungan, mencoba membuat batako dan paving blok dari sampah limbah plastik," kata  Sabtu (16/1/2021).

Ia berharap, nantinya kita akan bekerjasama dengan OPD terkait tentang tata cara penggunaan nya dengan baik agar bisa di manfaatkan dengan baik sebagaimana cara untuk salah satu solusi mengurangi sampah plastik. (Aldo).