Lingkungan

Banjir di Inhil, Petugas Puskesmas Pakai Sepatu Boot

INHIL, RIAULINK.COM - Curah hujan yang tinggi dan air pasang di laut mengakibatkan jalan, rumah warga, sekolahan dan fasilitas kesehatan di Kabupaten Indragiri Hilir terendam banjir.

Seperti yang terjadi di Puskesmas Kecamatan Concong Kabupaten Inhil, seluruh ruangan tergenang air setinggi mata kaki orang dewasa. 

Walaupun demikian, hal ini tidak menyurutkan semangat para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Concong untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menurut Kepala Puskesmas Concong Rudiyanto mengatakan, sudah dua hari air menggenangi seluruh ruangan yang ada di Puskesmas Concong. Namun, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap dibuka.

"Pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap kita buka walaupun diatas genangan air," ujarnya melalui via telepon seluler, Rabu (13/1/2021) sore.

Menurutnya, penyebab terjadinya banjir tersebut dikarenakan bangunan Puskesmas yang rendah dan curah hujan yang tinggi serta air pasang di laut.

Banjir kali ini lebih lama dan volume air lebih tinggi dibandingkan dengan banjir yang terjadi pada bulan Desember 2020 yang lalu.

"Pada bulan Desember 2020 yang lalu, Puskemas Concong juga terendam banjir tapi hanya satu hari air sudah surut sedangkan kali ini, sudah 2 hari air masih menggenangi seluruh ruangan," jelas Rudyanto.

Banjir yang terjadi di Puskesmas Concong, kata Rudiyanto mengakibatkan banyaknya alat elektronik dan kesehatan yang rusak.

"Banyak alat elektronik dan kesehatan yang rusak. Tapi sebagian mana yang bisa diperbaiki, kita perbaiki," ungkapnya.

Kedepannya, Rudiyanto berharap ada bantuan dari pemerintah untuk meninggikan bangunan Puskesmas tersebut, sehingga  tidak lagi tergenang air.

Terakhir, Rudiyanto mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Concong untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah yakni menerapkan protokol kesehatan.