Ekonomi

21 Sertifikat Tanah Diserahkan untuk Warga Miskin di Koto Gasib

SIAK, RIAULINK.COM - Sebanyak 21 sertifikat tanah untuk masyarakat miskin (Taskin) berupa tapak rumah pada tahun 2020 diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Siak kepada masyarakat di Kampung Teluk Rimba, Kecamatan Kotogasib, Siak. 

Sertifikat Taskin tersebut diserahkan langsung oleh Asisten I Setdakab Siak, Budhi Yuwono didampingi kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Siak, Budi Satria.

Budhi Yuwono mengatakan BPN memiliki peran yang besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam memfasilitasi pembuatan sertifikat tanah. 

"Manfaat dari program PTSL di tengah masyarakat sangat membantu pemerintah, dan kami sangat mendukung pelaksanaan program PTSL ini, karena masih banyak masyarakat yang tanahnya belum ada sertifikat," kata Budhi kepada media, Rabu (13/1/2021). 

Menurutnya, Pemkab Siak dalam program PTSL bertugas memfasilitasi berupa penyuluhan PTSL kepada masyarakat, dan menunjuk tim pendampingan persiapan PTSL yang akan membantu BPN Kantor untuk mengumpulkan data masyarakat yang akan diikutsertakan dalam program PTSL di tiap desa/kelurahan.

"Data itu nantinya akan diproses persertifikatannya oleh BPN," jelasnya. 

Terakhir Budhi berpesan kepada penerima sertifikat Taskin agar bisa menjaga dan menyimpan sertifikat tersebut sebaik mungkin. 

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Siak, Budi Satria mengatakan kegiatan ini awalnya dikenal dengan nama Prona, akan tetapi sekarang kegiatan tersebut bernama Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang merupakan salah satu program prioritas dari Pemerintah Pusat. 

"Kegiatan PTSL ini kami lakukan dari desa ke desa dan hanya masuk satu kali di desa tersebut. Karena kami akan menyertifikatkan seluruh tanah tanpa terkecuali, termasuk tanah masyarakat, tanah desa, maupun tanah Pemkab," katanya. 

Dengan adanya sertifikat dari program PTSL ini, maka masyarakat memiliki kepastian hukum, letak tanah, batas tanah serta dasar kepemilikan tanahnya. 

"Untuk itu kami minta kerjasamanya kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan program PTSL ini agar berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan, dan dapat mencapai target yang telah di tetapkan," harapnya. (Wahyu)