Kesehatan

Herdi Salioso, Orang Pertama yang Akan Divaksin di Dumai 

DUMAI, RIAULINK.COM - Plh Wali Kota Dumai, Herdi Salioso menghadiri kegiatan pembentukan kelompok kerja persiapan dan penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di ballroom, Hotel Grand Zuri Dumai, Selasa, 12 Januari 2021p

Pada kegiatan pembentukan kelompok kerja tersebut, diawali dengan pembacaan draft susunan keanggotaan kelompok kerja persiapan penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Syahrinaldi.

Serta pemaparan tentang perkembangan Covid-19 dan vaksin di Indonesia oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr Syaiful.

Dalam sambutannya, Plh Wali Kota Dumai, Herdi Salioso selalu mengingatkan agar masyarakat Dumai tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Karena dalam perkembangannya, Covid-19 ini semakin berkembang dan meningkat,"kata pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Dumai ini.

"Untuk itu diperlukan tindakan lebih lanjut untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, dan solusi yang paling tepat adalah dengan melakukan tindakan vasinasi,"terang dia.

Kemudian dia juga menerangkan, jika Pemerintah Kota Dumai telah menetapkan 10 orang penerima pertama yang diutus menerima vaksin Covid-19 di Dumai pada tahap pertama.

"Di antaranya, yang pertama saya sendiri (Herdi Salioso) sebagai Plh Wali Kota Dumai, Ketua DPRD Kota Dumai (Agus Purwanto),  Dandim 0320/Dumai (Letkol Inf Irdhan), Kapolres Dumai (AKBP Andri Ananta Yudhistira), Kepala Kejaksaan Negeri (Khairul Anwar)

Selanjutnya Komandan Detasemen Rudal (Mayor Arh Roma Laksana Yudha, Kepala Dinas Kesehatan (Syahrinaldi), Ketua Ikatan Dokter Indonesia Dumai (dr Dasrinal)

Lalu Kepala Loka Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Kota Dumai, Emo Amelia dan Kepala Kantor Kementerian Agama Dumai (Syafwan) dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (Zakaria),"papar dia merincikan.

Ia menambahkan, bahwa dirinya siap jika memang nantinya akan divaksin pertama.

"Saya siap jika memenuhi persyaratan dan kreteria yang telah ditetapkan, karena memang ini untuk kepentingan bersama, ‎dan juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat," ungkapnya.

Herdi berharap program vaksin Covid-19 bisa berjalan lancar. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan program vaksin demi kepentingan bersama. "Karena vaksin ini juga demi kebaikan kita semua,"tutur dia.

Sementara, Juru Bicara Satgas Covid-19, dr Syaiful mengungkapkan, bahwa 10 daftar pejabat di Kota Dumai, yang akan divaksin pertama, sudah diajukan dan selanjutnya akan dilakukan ‎skrining.

Sejauh ini 10 nama pejabat yang diajukan ini, tidak ada penolakan, bahkan mereka mendukung.

"Tentunya ini merupakan hal yang bagus untuk mensukseskan ‎program vaksinasi untuk menghentikan penyebaraan Covid-19 di Kota Dumai,"

Dikatakan dia ada 16 kategori skrining, contohnya apakah pernah kena Covid-19, apakah ada alergi, hamil dan menyusui. Termasuk mempunyai penyakit penyerta lainnya.

"Namun semisal penyakit tersebut ada pada nama orang yang akan divaksin, mungkin bisa saja dibatalkan atau ditunda,"tutupnya. (Kll)