Peristiwa

Awal Tahun 2021 Sudah Dua Kali Musibah Kebakaran, Ini Pesan DPKP Inhil

INHIL, RIAULINK.COM - Memasuki Minggu kedua dibulan Januari 2021, sudah Dua Kali Musibah kebakaran terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Diawal tahun 2021 ini Kebakaran pertama kali terjadi di Lorong Rindang Bertuah Kelurahan Pekan Arba Tembilahan, Senin (11/01/2021) sekira pukul 17.00 yang Hanguskan Satu Unit Rumah milik ibu Ani.

Kedua, kebakaran terjadi lagi di Sungai Dusun Kecil Kelurahan Sungai Piring pada hari selasa (12/01/2021) Sekira Pukul 01.00 WIB yang juga menghanguskan satu unir rumah milik Ibu Nurhalimah.

Untungnya, Dari kedua musibah kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Inhil, Eddiwan Shasby menyebut bahwa Yang namanya musibah (Kebakaran) itu tidak bisa kita Elakkan.

"Namun, Ada beberapa hal atau antisipasi yang bisa kita lakukan agar musibah kebakaran itu tidak terjadi," Sebutnya.

Lanjutnya, Eddiwan Shasby menjelaskan bahwa Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kebakaran terjadi diantaranya arus pendek listrik, Kompor Gas, Lilin, Lampu minyak tanah, Puntung rokok serta obat nyamuk.

"Oleh karena itu, hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran tersebut harus diwaspadai terutama saat ingin meninggalkan rumah, toko atau tempat usaha lainnya," Jelasnya.

Lebih lanjut, Eddiwan shasbi menyebut bahwa bila terjadi kebakaran dengan segera Hubungi Mako DPKP Inhil call center : 133 - (0768)24488.

"Untuk meminimalisir kerugian materi dan korban jiwa sebelum datang Petugas pemadam kebakaran lakukan upaya pemadaman api dapat dilakukan dengan menggunakan benda-benda disekitarnya seperti : karung goni, Air, Pasir dan alat pemadam Api Ringan/Apar," Ungkapnya.

Terakhir, Eddiwan Shasby menghimbau kepada Camat, Lurah/Kepala Desa agar segera membentuk Satredkar( satuan relawan kebakaran) diwilayahnya masing2 dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat terhadap penanggulangan ancaman bahaya kebakaran dan menjadikan kelurahan/ Desa siaga kebakaran dengan demikian tercipta sistim ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran dan dapat meminimalisir kebakaran.

"Karena pilihan yang paling bijak adalah mencegah terjadinya bencana sebelum terjadi. kebakaran setiap waktu bisa saja terjadi meskipun kondisi saat ini musim penghujan kebakaran bisa saja terjadi. oleh karena itu kepada masyarakat saya harapan jangan lengah dan tetap waspada," ungkapnya.

Sebagai Informasi, Pada tahun 2020 musibah kebakaran yang terjadi di Inhil ada sebanyak 34 Kali. Dari 34 Musibah kebakaran tersebut terdapat 10 korban jiwa. (Jb)