Serambi islam

Sungai Apit Juara Umum MTQ Ke-20 Kabupaten Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Sudah berlangsung selama lima hari dan berjalan lancar di tengah pandemi COVID-19, pelaksanaan  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-20 tingkat Kabupaten Siak tahun 2020 di Kecamatan Kandis resmi ditutup Bupati Siak Alfedri, Rabu (16/12/2020) siang.

Untuk perolehan juara, kafilah Kecamatan Sungai Apit berhasil meraih juara umum dengan perolehan nilai 182, sementara diurutan kedua diraih oleh kafilah Kecamatan Siak dengan jumlah nilai 182.

Diurutan ketiga diraih oleh kafilah Kecamatan Dayun dengan jumlah perolehan nilai 111, diikuti kafilah Kecamatan Tualang dengan nilai 104, dan kafilah Kecamatan Koto Gasib meraih juara lima dengan nilai 94.

Selanjutnya, kafilah Kecamatan Kandis sebagai tuan rumah meraih juara enam dengan nilai 74. Kafilah Kecamatan Lubuk Dalam meraih juara tujuh dengan nilai 69. Kafilah Kecamatan Sabak Auh meraih juara delapan dengan nilai 68, Sementara Kecamatan Kerinci Kanan, Bungaraya,
Mempura, Sungai Mandau, Pusako dan Minas masing-masing menduduki peringkat sembilan hingga empat belas dengan nilai masing-masing 62, 58, 51, 28, 26, dan 25.

Bupati Siak, Alfedri mengatakan setwlah berakhirnya MTQ ke-20 ini, diharapkan semakin memberikan semangat baru bagi masyarakat terutama kaum muslimin dan muslimah.

"Semoga hal ini mampu menciptakan suasana islami di negeri Istana yang kita cintai ini, serta menumbuhkan minat masyarakat untuk terus membaca Alquran dan menjadikannya pedoman hidup," katanya.

Alfedri kemudian menyampaikan rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan MTQ itu meski dalam kondisi wabah COVID-19, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat disetiap tahapan perlombaan.

Lebih lanjut, ia mengajak kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Siak untuk terus berupaya mempelajari ilmu Alquran.

"Sebagai pemimpin yang alhamdulillah kembali mendapatkan amanah dari masyarakat, saya mengucapkan terima kasih dan ijinkan saya mengajak kepada kita semua untuk tidak henti-hentinya mempelajari ilmu Alquran untuk kemudian kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Begitupun, dia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama Kantor Kementrian Agama, LPTQ dan jajaran OPD Kabupaten Siak serta seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Terkhusus kepada Qari dan Qariah yang berhasil menjadi juara umum yakni Kecamatan Sungai Apit, Bupati Alfedri menyampaikan ucapan selamat sekaligus harapan agar terus menempa kemampuan hingga meraih hasil terbaik untuk tahun-tahun mendatang.

"Demikian pula kepada Qari dan Qariah yang belum berhasil, saya berpesan agar jangan lekas berputus asa, teruslah bersemangat mengukir prestasi di masa yang akan datang," harapnya.

Alfedri juga menyampaikan harapan kepada segenap orang tua untuk mengajak anak-anaknya memakmurkan masjid, terutama subuh berjamaah. Namun Alfedri berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Selain itu, saya juga ingin menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Siak telah bekerja sama dengan Kementrian Agama Kabupaten Siak dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak untuk mengirimkan dua orang Hafiz terbaik 30 juz ke Kairo, Mesir untuk menempuh pendidikan tafsir Quran. Saya berharap hal ini dapat terus ditingkatkan ditahun-tahun mendatang, tentunya dengan dukungan penuh para orang tua santri," terangnya.

Dengan mengucap kalimat Thayyibah,
Bupati Alfedri kemudian menutup secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an Ke-20 tingkat Kabupaten Siak tahun 2020 di Kecamatan Kandis tersebut.

"Semoga Allah Subhanahu Wa Taala meridoi semua ikhtiar kita dan berkenan segera mengangkat wabah pandemi dari negeri kita tercinta. Aamiin," pungkasnya. (Wahyu)