Olahraga

PRSI Inhil Seleksi Perenang untuk Dibina

INHIL, RIAULINK.COM - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)  melaksanakan seleksi pencarian bibit (Talent Scouting) Atlet Renang tahun 2020, Di Kolam Renang Telaga Puri Tembilahan, Selasa (15/12/2020).

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadisparporabud Inhil Junaidi Ismail, Ketua PRSI Inhil Helly Khairuddin beserta Pengurus dan Peserta Talent Scouting.

Saat diwawancarai, Kadisparporabud Inhil Junaidi ismail menyebut bahwa sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PRSI Inhil.

"Kegiatan ini harus kita Apresiasi, karena saat ini tidak banyak Cabor di Inhil yang melakukan seleksi pencariam bibit (Talent Scouting), padahal untuk mencari bibit Atlet harus dilakukan seleksi terlebih dahulu," Sebutnya.

Tambahnya, Junaidi menyebut bahwa di Inhil hanya ada beberapa Cabor yang aktif diantaranya Futsal, Sepak Bola, termasuk Cabor Renang.

Lanjutnya, Junaidi Menjelaskan bahwa Inhil juga dikenal dengan sebutan "Negeri Seribu Parit" bukan berarti orang inhil dengan mudah menjadi Atlet renang karena banyaknya sungai dan parit sebagai sarana untuk berenang.

"Untuk menjadi Atlet renang perlu bimbingan dan pelatihan karena ada banyak teknik renang yang harus dipelajari," Jelasnya.

Sementara, Ketua PRSI Inhil Helly Khairuddin menyebut bahwa bibit altel yang di temukan dalam seleksi ini akan terus dibina.

"Nantinya Atlet hasil seleksi ini akan terus dibina dan ditingkatkan kualitasnya agar bisa dikut sertakan dalam perlombaan renag Tingkat Provinsi bahkan Nasional ditahun 2021," Sebutnya.

Lanjutnya, Helly Khairuddin menjelaskan bahwa PRSI Inhil bukan hanya Fokus Pada Pencarian Atlet akan tetapi juga pada Pelatih Renangnya.

"Kualitas pelatih harus ditingkatkan juga yang mana insyaallah program kami dengan PRSI Riau akan melaksanakan pelatihan pelatih Renang lisensi C untuk di kabupaten Indragiri Hilir," Ungkapnya.

Tambahnya, Helly berharap dengan adanya seleksi atlet renang ini yang mana nantinya akan dilatih oleh Pelatih yang berlisensi C akan dapat menghasilkan Atlet renang Profesional.

"Dengan harapan Atlet tersebut dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Indragiri hilir di kancah Nasional maupun Internasional," Jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia seleksi Reza Pahlifi menyebut bahwa dalam kegiatan seleksia ini ada sekitar 30 peserta yang mendaftar untuk menjadi Atlet Renang dibawah naungan PRSI Inhil. (Jb)