Metropolis

Hari Pencoblosan, Dukcapil Siak Tetap Buka Layanan Rekam KTP-El

SIAK, RIAULINK.COM - Demi menyukseskan Pilkada serentak 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak tetap membuka layanan perekaman KTP elektronik pada hari H pencoblosan 9 Desember pekan depan. 

Bahkan, untuk menggenjot tercapainya target pencetakan KTP, Disdukcapil dalam dua bulan terakhir terus membuka layanan mesk di hari libur Sabtu dan Minggu. 

Kepala Disdukcapil Siak, Hasmizal mengatakan layanan tersebut adalah upaya meningkatkan partisipasi pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya. Sebab banyak yang belum merekam KTP-El padahal sudah masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) .

"Kami gencar melakukan pelayanan ini maksudnya agar semua masyarakat punya KTP dan bisa menggunakan hak pilihnya," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan di Whatsapp pribadinya, Kamis (3/12/2020). 

Ia menambahkan, dibukanya layanan saat pencoblosan itu sudah sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 270/12615/Dukcapil dalam rangka mendukung suksesnya Pilkada ini. 

Surat edaran tersebut diterbitkan pada 20 November dari Menteri Dalam Negeri Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil RI. 

"Jadi ini tidak ada unsur politisasi, kami murni mengikuti Tupoksi kami di Dukcapil, karena memang ada edarannya," tegas dia. 

Dijelaskannya, perekaman dilakukan bagi masyarakat yang sudah terdaftar di DPT, namun belum melakukan perekaman.

Terkait di luar DPT yang melakukan perekaman, pihaknya akan tetap melayani bagi yang ingin melakukan perekaman.

"Di luar DPT kita layani juga, tapi nanti terkait dia mau memilih di hari H bukan wewenang kami," katanya. (Wahyu)