Metropolis

RS Tipe D Kandis Siak Bakal Dibangun Tahun Depan

SIAK, RIAULINK.COM - Rencana pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Kandis bakal segera direalisasikan tahun 2021 mendatang. Pembangunan RS itu telah selesai dibahas dan masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2016-2021.

"Perencanaan sudah matang, tinggal lagi pelaksanaannya tahun depan. Ini kita lakukan dalam rangka mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat di tiap kecamatan bahkan hingga ke kampung-kampung," kata Alfedri, bupati Siak yang tengah cuti kampanye, Jumat (27/11/2020). 

Setelah RS Tipe D Kandis itu beroperasi, nantinya bakal ada fasilitas rawat inap. Kemudian akan ditempatkan pula dokter spesialis kandungan, anak dan penyakit dalam. 

"Ini pembangunannya dari APBD kabupaten Siak. Tujuannya agar masyarakat kandis tidak terlalu jauh pergi berobat atau tidak terlalu jauh dirujuk ke Pekanbaru atau Siak. Cukup di Kandis saja," kata dia.

Selain RSUD Tipe D, juga bakal dibangun Puskesmas di kampung Belutu. Sebab, kampung Belutu, Bekalar, Pencing Bekulo dan sekitarnya terlalu jauh jaraknya dari pusat kecamatan. Sedangkan Puskesmas dan RSUD Tipe D itu berada di dekat pusat kecamatan Kandis.

"Ada Puskesmas yang dibangun provinsi pada 2016 lalu. Pembangunannya belum selesai namun kita tetap masukkan usulan, meski 2 tahun terakhir ini kita tidak dapat Bankeu infrastruktur dari provinsi," kata Alfedri.

Namun demikian, Pemkab Siak bisa melanjutkan pembangunannya karena aset Puskesmas terbengkalai itu sudah diserahkan Pemprov ke Siak. 

"Jika tidak ada dari provinsi kita yang mengupayakan melanjutkan pembangunannya. Termasuk juga Puskesmas yang di Sungai Apit," kata dia. (Wahyu)