Lingkungan

Sejak September, Tim Yustisi Jaring 704 Warga Dumai Tak Pakai Masker

Keterangan foto : tampak salah seorang warga terjaring tak pakai masker.

DUMAI, RIAULINK.COM - Demi menekan penambahan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Dumai, Pemerintah Kota Dumai terus melakukan razia masker. 

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka penerapan protokol kesehatan (prokes). 

Razia masker ini digelar oleh tim yustisi yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Kesbangpol, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai dari bulan September lalu hingga November 2020.

Ditotalkan selama penjaringan, tim yustisi sudah menjaring kurang lebih 704 pelanggar prokes Covid-19 yang tak memakai masker sampai Selasa, 24 November 2020 kemarin.

Kepala Satpol PP Kota Dumai, Bambang Wardoyo, Kamis (26/11/2020) merincikan pelanggar yang terjaring di antaranya 574 orang laki-laki dan 130 orang wanita di sejumlah titik razia yang digelar.

Menurut dia, ada 20 titik lokasi yang dijadikan tempat razia masker. Bagi Bambang masih banyak juga masyarakat yang belum sadar betapa pentingnya penerapan prokes terutama menggunakan masker.

Bahkan tim yustisi juga sudah memberikan efek jera guna meningkatkan kesadaran bagi para pelanggar dengan memberikan sanksi sosial seperti membersih sampah di pinggir jalan, hingga membersihkan sekitar kuburan.

“Selain itu para pelanggar juga kita berikan pemahaman dan edukasi tentang pentingnya menggunakan masker ketika beraktivitas di luar, karena itu merupakan langkah awal pencegahan penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Bambang juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan prokes khususnya menggunakan masker ketika berada di luar rumah. 

"Sebab razia masker akan terus dilakukan dalam pencegahan penyebaran Covid-19,"tukas dia.(kll)