Riau

Polda Riau Nyatakan Gereja di Riau Steril untuk Misa Natal

RIAULINK.com - Untuk mengamankan proses Misa Natal yang dilaksanakan pada malam ini, Senin (24/12/2018), jajaran Polda Riau melakukan pengamanan di 300 gereja yang ada di seluruh wilayah di Riau. Pengamanan ini dilakukan secara menyeluruh untuk memberikan rasa aman dan nyaman pemeluk agama kristen untuk beribadah.

Seperti yang disampaikan oleh Wakapolda Riau, Brigjen Pol Wahyu Widada, bahwa pihaknya sudah melakukan sterilisasi gereja sebelum dilaksanakannya Misa Natal. Selain itu, polisi juga berkoordinasi dengan panitia gereja agar bisa bersinergi mangamankan keiatan tersebut.

“Kita bekerjasama dengan pengamanan internal yang disiapkan oleh panitia. Termasuk juga pemeriksaan terhadap pengunjung yang datang nanti,” kata Wahyu.

Wahyu mengatakan lagi bahwa pengamana ini dilakukan sesuai dengan kondisi gereja dan juga jemaahnya. Untuk gereja yang memiliki jemaah yang banyak, pengamanannya akan lebih ditingkatkan dibanding lainnya.

Diharapkan dengan sterilisasi ini, proses ibadah umat Kristen berlangsung tanpa adanya kedala. Untuk kondisi di Riau sendiri, selama beberapa tahun terakhir kegiatan Misa Natal berlangsung kondusif.

Kasus terorisme sendiri pernah terjadi awal tahun 2000 di Pekanbaru, Batam dan sejumlah kota di tanah air.