Pendidikan

Tak Lagi Muda, Guru di Siak Ini Terbaik Kedua Artikel Inspiratif

SIAK, RIAULINK.COM - Meski Usia tak lagi muda, namun tak menghalangi Nuhasni (57) untuk berkarya dan berinovasi. Nurhasni mampu meraih nominator tulisan terbaik kedua berkat artikel inspiratif yang ditaja oleh Tanoto Foundation. 

Ia adalah seorang pengawas sekolah menengah pertama di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak. Tetapi dia berhasil mewakili Riau masuk nominator terbaik yang diumumkan saat kegiatan Tanoto Facilitator Gathering (TFG) 2020, Rabu (25/11).

Acara itu bertepatan juga dengan Hari Guru Nasional. Pada kesempatan tersebut selain webinar juga diumumkan pemenang sejumlah lomba seperti artikel, video, poster, dan lainnya.

Sebagai Fasilitator Daerah (Fasda) pengawas SMP Tanoto Foundation di Kabupaten Siak, Nurhasni mengirimkan tulisan berjudul "Pengawas Sekolah dan Strategi Menjaga Kualitas Pendidikan Selama Masa Pandemi".

Tulisannya mampu bersaing dengan fasilitator Tanoto lainnya dari Sumatera Utara, Jambi, Kalimantan Timur dan Jawa Tengah.

"Alhamdulillah, sangat senang tidak menyangka. Walaupun peringkat dua nominator terbaik itu sudah sangat luar biasa. Tidak hanya tulisannya, tapi pengalamannya yang juga luar biasa," katannya saat dikonfirmasi, Kamis (26/11/2020).

Hal tersebut diungkapkannya karena pertama dirinya bukan penulis dan kedua
usaha menyelesaikan tulisan yang juga luar biasa. Disampaikannya tak lain tujuannya menulis hanyalah berbagi praktek baik dengan fasda seluruh Indonesia.

"Semoga bisa melaksanakan praktek sebagai pengawas sekolah, mudah-mudahan saya bisa memotivasi kawan lain. Saya juga berusaha semaksimal mungkin tetap berinovasi dan berbagi dengan pengawas se Indonesia," sambungnya.

Dia berterimakasih kepada Tanoto Foundation yang memberikan kesempatan mengikuti Tanoto Foundation Gathering 2020. Begitu juga bimbingan saat proses menyelesaikan tulisan. "Niat saya hanya buat tulisan bagaimana pengawas melaksanakan tugas selama pandemi," ujarnya lagi.

Pada TFG 2020 tersebut Fasda Tanoto di Riau lainnya juga menorehkan prestasi dalam empat nominator terbaik lomba video pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.  Dia adalah Juni Kardi, Guru SDN 40 Kota Pekanbaru.

Di samping penghargaan di TFG 2020, Fasda dari Siak lainnya juga memperoleh prestasi sebelumnya. Adalah Abdullah, Guru MTsN 2 Siak yang meraih suara kolom pembaca terbanyak kedua di salah satu media nasional. Tulisannya berjudul "Menakar Peluang Pembelajaran Daring Efektif Masuki Era "New Normal" Pendidikan" dibaca sebanyak 24.962 kali. (Wahyu)